• Sabtu, 4 Desember 2021

4 Skenario Masa Depan Usai Pandemi Covid-19, Begini Versi BPK

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:37 WIB
 Tangkapan layar Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna dalam Workshop Anti Korupsi bertajuk “Deteksi dan Pencegahan Korupsi” di Jakarta, Selasa (14/9/2021).  (ANTARA/Sanya Dinda)
Tangkapan layar Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna dalam Workshop Anti Korupsi bertajuk “Deteksi dan Pencegahan Korupsi” di Jakarta, Selasa (14/9/2021). (ANTARA/Sanya Dinda)


JAKARTA, harianmerapi.com - Ada empat skenario yang disusun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dapat terjadi dalam lima tahun ke depan (2021-2026) setelah pandemi Covid-19 berakhir.


Skenario ini tertuang dalam buku Pendapat Strategic Foresight. Demikian disampaikan Ketua BPK Agung Firman Sampurna dalam peluncuran buku tersebut di Jakarta, Kamis (21/10/2021).


"Skenario yang disajikan dalam foresight BPK bukanlah prediksi tentang masa depan, tetapi sarana untuk melihat kembali berbagai asumsi tentang masa depan, agar kita tidak terlena dengan harapan dan agar kita mampu melihat lebih jernih kesiapan menghadapi masa depan," katanya.

Baca Juga: Sidang Sate Sanida, Aiptu Tomy Mengaku Sempat Pacaran dengan Nani Apriliani

 


Ia memaparkan empat skenario itu mencakup skenario berlayar menaklukkan samudera dengan respons pemerintah terhadap krisis menjadi lebih efektif dan tingkat keparahan pandemi mereda.

 

Skenario selanjutnya adalah mengarung di tengah badai, dengan respons pemerintah terhadap krisis menjadi lebih efektif di tengah pandemi yang makin memburuk.

Kemudian, skenario tercerai-berai terhempas lautan, yang merupakan skenario terburuk karena menggambarkan masa depan yang penuh risiko dan bahaya. Dalam skenario ini, respons pemerintah terhadap krisis kurang efektif dan tingkat keparahan pandemi makin memburuk.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asrama Haji Akan Dijadikan Tempat Karantina Jemaah Umrah

Minggu, 28 November 2021 | 20:05 WIB
X