• Sabtu, 4 Desember 2021

Pandemi Covid-19 Berimbas Kualitas Kehidupan Pekerja Menurun dan Tak Bahagia, Simak Survei JobStreet

- Senin, 18 Oktober 2021 | 14:09 WIB
Ilustrasi. ( Pexels)
Ilustrasi. ( Pexels)




JAKARTA, harianmerapi.com - Pandemi Covid-19 telah menyebabkan kualitas kehidupan pekerja di Indonesia menurun drastis.


Sebanyak 86 persen pekerja terkena imbas pandemi Covid-19 sejak tahun 2020. Bahkan, meski mereka masih memiliki pekerjaan, namun 33 persen pekerja merasa tidak lagi bahagia.

Demikian hasil survei yang dilakukan JobStreet pada Oktober 2020. Hasil survei tersebut menunjukkan kualitas kehidupan para pekerja menurun drastis selama masa pandemi.

Mengutip keterangan dari Johnson & Johnson Indonesia, Senin (18/10/2021), salah satu faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan ini adalah kebijakan bekerja dari rumah (WFH), di mana beberapa perusahaan berusaha untuk beradaptasi dengan segala bentuk penyesuaian baru yang terjadi di tengah pandemi seperti adanya pembatasan aktivitas sosial, fluktuasi ekonomi, dan kinerja industri dalam lingkup yang lebih besar.

Baca Juga: Inggris Punya Strategi Unik untuk Bantu Warganya Berhenti Merokok, Begini Caranya

Perusahaan melakukan penyesuaian lebih cepat dan lebih awal dapat segera bertindak dalam menanggapi kondisi karyawan yang sedang mengalami stress atau burnout.

 

Upaya adaptasi yang dilakukan antara lain melalui pengaturan ulang jam kerja karyawan yang lebih fleksibel, baik bagi mereka yang harus bekerja dari rumah ataupun dari kantor, pemberian apresiasi kepada karyawan agar mereka menyadari bahwa pekerjaannya dihargai, serta pemberlakuan program kesehatan mental berupa konseling dengan tenaga profesional atau self-help content.

PT Johnson & Johnson Indonesia berkomitmen untuk mendukung keseimbangan kehidupan-bekerja (work-life balance) dalam era kenormalan baru di tengah pandemi yang telah berjalan di tahun kedua ini.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Varian Omicron

Kamis, 2 Desember 2021 | 11:30 WIB
X