• Senin, 6 Desember 2021

Tanam Seribu Pohon, Sukoharjo Menuju Go Green

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:50 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan saat penanaman pohon.  (Wahyu Imam Ibadi)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan saat penanaman pohon. (Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Polres Sukoharjo melakukan penanaman sebanyak seribu pohon dalam gerakan penghijauan. Pohon yang ditanam terdiri dari pohon buah dan pohon keras. 

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Minggu (17/10) mengatakan, gerakan penghijauan penanaman pohon sudah diawali di kompleks objek wisata Batu Seribu Bulu di Kecamatan Bulu, Jumat (15/10). Kegiatan kemudian dilakukan di masing-masing Polsek berupa penanaman pohon di wilayahnya melibatkan masyarakat.

Polres Sukoharjo melaksanakan penanaman 1.000 pohon sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan menuju Sukoharjo Go Green. Kegiatan tersebut harus dilakukan sejak sekarang untuk membantu menjaga lingkungan.

Baca Juga: Susur Sungai Tewaskan 11 Siswa MTs, Polres Ciamis Periksa 4 Saksi, Tak Temukan Perlengkapan Keselamatan

Kapolres menjelaskan, revolusi industri membawa dampak luar biasa dimana di Sukoharjo dibangun banyak pabrik, dan lainnya. Disatu sisi hal itu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, namun disisi lain juga membawa dampak lingkungan karena berkurangnya lahan hijau.

Gerakan penanaman 1.000 pohon diharapkan Polres Sukoharjo bisa memiliki banyak manfaat baik kepada lingkungan dan warga sekitar. Keberadaan pohon tidak hanya memberikan kesejukan saja, namun juga hasil berupa buah dan lainnya.

Sebanyak 1.000 pohon yang ditanam terdiri dari pohon buah dan pohon keras. Sebanyak 300 pohon ditanam di objek wisata Batu Seribu Kecamatan Bulu. Sedangkan sisanya 700 pohon ditanam di masing-masing Polsek di wilayahnya.

Kapolres meminta pada semua pihak baik anggota dan masyarakat untuk membantu menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam. Hal ini dilakukan agar pohon bisa tetap tumbuh dan bermanfaat. Apabila dibiarkan maka dikhawatirkan pohon bisa mati.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, pohon berperan penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global, mencegah banjir dan longsor.*

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Kuliner Salatiga yang Melegenda Akan Dibranding

Rabu, 1 Desember 2021 | 09:50 WIB
X