• Senin, 6 Desember 2021

Dispar DIY Ajak UJP Wisata Ciptakan Paket Wisata Berkualitas dan Berbudaya

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:29 WIB
Kegiatan Bimbingan Teknis Usaha Jasa Perjalanan wisata yang diselenggarakan Dinas Pariwisata DIY, Jumat (15/10/2021) (Dok. Dispar DIY)
Kegiatan Bimbingan Teknis Usaha Jasa Perjalanan wisata yang diselenggarakan Dinas Pariwisata DIY, Jumat (15/10/2021) (Dok. Dispar DIY)

JOGJA, harianmerapi.com - Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed mengajak para pelaku Usaha Jasa Perjalanan (UJP) wisata mampu menciptakan paket wisata yang berkualitas dan berbudaya.

“Trend pariwisata saat ini sudah berubah menjadi pariwisata yang smallsize, personalize, dan customize. Hingga kini terdapat 8 destinasi yang sudah dibuka untuk wisatawan dengan persyaratan ketat, “ kata Singgih saat membuka Bimbingan Teknis Usaha Jasa Perjalanan wisata yang diselenggarakan Dispar DIY pada Jumat (15/10/2021) di Forriz Hotel Yogyakarta.

Kegiatan yang diikuti 30 biro perjalanan wisata yang ada di DIY tersebut menerapkan protokol kesehatan ketat yakni seluruh peserta dan pihak penyelenggara melakukan tes Genose terlebih dahulu, memakai masker dan menjaga jarak.

Baca Juga: KCJB Ditarget Mulai Operasional Akhir Tahun 2022, Proses Pembangunan Sudah Mencapai 79 Persen

Ditambahkan Singgih, selama kurang lebih 2 tahun masyarakat menjalani hidup bersama Covid-19 dengan fluktuasi yang bervariasi sehingga membuat semua aktivitas berjalan dengan situasi yang membingungkan, ketidakpastian, dan sangat kompleks.

Oleh karenanya Dispar DIY dengan berbagai pihak membuat SOP agar pariwisata dapat beradaptasi dengan pandemi Covid-19, diawali dengan panduan pranatan anyar plesiran jogja.

Lebih lanjut Singgih mengajak para usaha jasa perjalanan wisata untuk berinovasi, berkolaborasi, mengadaptasi program sehingga tetap bisa eksis, tetap tumbuh dan berkembang. Tak hanya itu, peserta juga diajak untuk menggunakan aplikasi digital yaitu aplikasi VisitingJogja satu-satunya aplikasi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terhubung langsung dengan aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Bantul, Dimulai dengan Konser Musik dan Literasi

Dengan menggunakan aplikasi VisitingJogja wisatawan dan pelaku wisata dapat lebih aman dan nyaman untuk menikmati wisata di Yogyakarta. Aplikasi VisitingJogja juga dapat menguntungkan usaha jasa pariwisata salah satunya yakni membantu mempromosikan paket-paket wisata.

“Digital ecosystem merupakan hal yang harus kita adaptasikan di kehidupan agar pariwisata dapat lebih baik lagi, kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan wawasan dan standarisasi pada usaha jasa perjalanan wisata. Ciptakan paket-paket wisata yang berkualitas, paket wisata yang mencerminkan budaya karena DNA-nya pariwisata Jogja adalah budaya” kata Singgih.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X