• Senin, 6 Desember 2021

Luas Lahan Naik 30 Persen jadi 144.83 Hektare, DPP Gunungkidul Proyeksikan Panen Bawang Merah 986 Ton

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 15:37 WIB
Petani Gunungkidul panen bawang merah.  (ANTARA/Sutarmi)
Petani Gunungkidul panen bawang merah. (ANTARA/Sutarmi)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Dengan lahan seluas 144,83 hektare, Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten GunungKidul memproyeksikan hasil panen mencapai sekitar 986 ton pada tahun ini.

Menurut Kepala Seksi Produksi Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Sugiyanto di Gunungkidul, Minggu (4/10/2021), luas tanam bawang merah pada tahun ini mencapai 144,83 hektare atau meningkat 30 hektare dibandingkan pada 2020 seluas 117 hektare.

"Petani di Gunungkidul mulai beralih dari tanaman palawija ke hortikultura. Keuntungan yang didapat dengan bertani tanaman hortikultura, seperti bawang merah memang cukup menjanjikan, apalagi harga jualnya tinggi," katanya.

Baca Juga: Objek Wisata Gunungkidul Masih Ditutup, Ratusan Wisatawan Dihalau Operasi Penyekatan

Ia mengatakan berdasarkan laporan petugas penyuluh pertanian lapangan, hingga saat ini, hasil panen bawang merah di Gunung Kidul sudah mencapai 783,61 ton. Hasil panen bawang merah di Gunung Kidul tahun ini bisa lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Apalagi saat ini proses panen masih terus berjalan.

"Penambahan luas tanam bawang merah ini secara otomatis menyebabkan hasil panen bawang merah bisa meningkat. Melihat luas lahan yang ada, kemungkinan hasil panen tahun ini bisa mencapai 986 ton," katanya.

Meski ada peningkatan, ia mengakui hasil panen belum bisa memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Gunung Kidul. Adapun saat ini kebutuhan bawang merah masih ditopang dari suplai luar daerah.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 5: Ternyata Ada Wanita Lain

"Setiap tahun, kami mengupayakan ada peningkatan produksi. Salah satunya lewat program Optimalisasi Lahan Kering (OPLA) yang mana difokuskan untuk meningkatkan hasil pangan saat musim kemarau. OPLA juga bisa dimanfaatkan sektor hortikultura saat penanaman di musim kemarau tersebut," kata Sugiyanto.

Sebelumnya, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto berharap petani di Gunungkidul memanfaatkan program OPLA bantuan dari pemerintah pusat seoptimal mungkin. Apalagi rencananya akan ada tambahan bantuan benih untuk membantu meningkatkan produktivitas.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X