• Senin, 6 Desember 2021

Persiapan Uji Coba Pembukaan, 20 Objek Wisata di Gunungkidul Dapat QR Code PeduliLidungi

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 18:39 WIB
Pantai selatan Gunungkidul (Dokumen)
Pantai selatan Gunungkidul (Dokumen)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Sebanyak 20 objek wisata di Kabupaten Gunungkidul mendapat QR Code aplikasi PeduliLindungi dari Kementerian Kesehatan, meski belum dilakukan uji coba pembukaan untuk umum.

Disampaikan Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono, Jumat (1/10/2021), aplikasi PeduliLindungi tidak masalah karena ada 20 lokasi wisata yang dipungut rertibusi telah mendapatkan QR code untuk pemindaian dalam operasional aplikasi.

"Kode pemindaian yang dipasang di lokasi wisata berbeda-beda. Sebagai contoh, di kawasan wisata Pantai Baron hingga Seruni dipasang delapan titik. Sedangkan di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran ada enam QR code. Total ada 57 QR code yang tersebar di 20 lokasi wisata,” kata Hary.

Baca Juga: Mengenal Istilah Kata ‘Sultan’ yang Marak Digunakan di Media Sosial

Selain adanya QR code untuk aplikasi PeduliLindungi, lanjutnya, pengelola wisata juga mengajukan sertifikasi CHSE. Ada sekitar 40 destinasi yang mengajukan penerbitan sertifikasi ini.

Saat ini, tim asesor juga sedang melakukan verifikasi lapangan berkaitan dengan penerbitan sertifikat CHSE yang menjadi prasyarat untuk pembukaan wisata di sejumlah destinasi.

Proses verifikasi lapangan sudah dimulai sejak Kamis (30/9) dan akan teragendakan hingga beberapa hari ke depan di sejumlah destinasi. Hari ini pengecekan dilakukan di kawasan Pantai Baron dan Kalisuci.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 1: Suka Berdandan dan Berganti-ganti Pacar

"Untuk sertifiasi CHSE masih dalam proses karena harus melalui pengecekan lapangan. Mudah-mudahan berjalan lancar dan destinasi wisata bisa dibuka secara bertahap," katanya.

Namun demikian, Hary tidak dapat memastikan kapan pelaksanaan uji coba pembukaan objek wisata karena masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat. Meski demikian, upaya persiapan terus dilakukan dengan melengkapi berbagai persyaratan agar destinasi bisa dibuka kembali.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X