• Senin, 6 Desember 2021

147 Nelayan Gunungkidul Akhirnya Terima Dokumen PAS Kecil Setelah Diproses Sejak Tahun 2018

- Kamis, 30 September 2021 | 15:21 WIB
Penerimaan simbolis dokumen PAS kecil nelayan Pansel Gunungkidul. (Foto Bambang Purwanto)
Penerimaan simbolis dokumen PAS kecil nelayan Pansel Gunungkidul. (Foto Bambang Purwanto)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta menyerahkan 147 dokumen nelayan yang merupakan bukti legalitas nelayan dalam menjalankan aktivitas penangkapan ikan atau PAS kecil.

Penyerahan dokumen tersebut dilakukan di pendopo Pantai Ngandong, Sidoharjo, Kapanewon Tepus, dan pendopo Pantai Drini Kapanewon Tanjungsari.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, drh. Krisna Berlian menjelaskan bahwa, upaya penerbitan PAS telah dilakukan sejak tahun 2018 dan terealisasi pada bulan Agustus 2021, yang diterbitkan oleh Syahbandar di Cilacap.

Baca Juga: Samsung Galaxy M52 5G Resmi Diluncurkan, Simak Spesifikasinya yang Bikin Kamu Tertarik

"Kami bersyukur PAS kecil yang merupakan dokumen penting nelayan sudah terealisasi," katanya Kamis (30/9/2021).

Adanya keterlambatan penerbitan legalitas ini disebabkan karena regulasi yang ada bahwa Surat Tanda Kebangsaan Kapal Berat Kurang dari 7 GrossTown (PAS kecil) merupakan dokumen vital yang dapat digunakan sebagai dokumen kepemilikan kapal, Surat Tanda Kebangsaan Kapal, dokumen kelengkapan berlayar, jaminan kredit usaha, serta memudahkan pendataan jika terjadi bahaya di laut atau saat berlayar.

Pas Kecil adalah Surat Tanda Kebangsaan Kapal yang diperuntukkan bagi kapal-kapal dengan tonase kotor kurang dari 7 GT, yang sebagian besar terdiri dari kapal-kapal tradisional dan kapal nelayan.

Baca Juga: Rizky Billar dan Lesty Kejora Akan Dilaporkan Kongres Pemuda Indonesia Besok di Polda Jatim

Pas Kecil, sangat penting dimiliki oleh kapal-kapal berukuran kurang dari 7 GT, selain untuk menunjang keselamatan pelayaran.

"Dengan memiliki dokumen PAS kecil ini para nelayan Gunungkidul dapat berlayar di perairan RI dengan menggunakan bendera Indonesia sebagai bendera kebangsaan kapal," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X