• Senin, 6 Desember 2021

BMH Yogyakarta Bangun Bak Penampungan Air Bersih di Gunungkidul untuk Bantu Atasi Masalah Kekeringan

- Kamis, 30 September 2021 | 07:46 WIB
Proses pembangunan bak penampungan air bersih di Masjid Nurul Iman (Dok. BMH Yogyakarta.)
Proses pembangunan bak penampungan air bersih di Masjid Nurul Iman (Dok. BMH Yogyakarta.)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Guna meringankan warga yang sering mengalami masalah air bersih, Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatuallah (BMH) Perwakilan Yogyakarta menggelar aksi sosial di wilayah terdampak kekeringan di Gunungkidul.

Bantuan yang diberikan berupa pembuatan bak penampungan air bersih, salah satunya di Masjid Nurul Iman yang berada dusun Sambi Lor, Botodayakan, Rongkop Gunungkidul, Rabu (29/9/21).

Disebutkan Haris Munandar selaku Tim Program BMH Yogyakarta, wilayah Gunungkidul secara umum menjadi langganan kekeringan di musim kemarau.

Baca Juga: Manchester United Raih Kemenangan Dramatis 2-1 Atas Villarreal Lewat Gol Penentu Ronaldo

Terlebih lagi wilayah yang belum bisa dilalui PDAM, sehingga masyarakat semakin kesulitan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Gunungkidul terkenal dengan wilayah yang tandus, gersang, perbukitan dan masyarakat susah mendapatkan air bersih ketika musim kemarau telah tiba. Dan dalam rangka membantu masyarakat tersebut kami buatkan bak
penampungan air bersih, fungsinya untuk menampung air hujan lebih banyak sehingga bisa digunakan oleh warga,” ungkap Haris.

Lebih lanjut ditambahkan, dalam pembangunan bak penampungan air bersih tersebut BMH menyasar kepada sarana umum atau tempat ibadah yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitarnya.

Baca Juga: Barcelona Telan Pil Pahit di Kandang Benfica, Dihajar 0-3

“Program ini berjalan atas kerja sama kami dengan Kitabisa.com. Dan dalam peyaluran kami menyasar ke masjid dan fasilitas umum yang benar-benar membutuhkan fasilitas air besih, bukan kepada rumah-rumah warga, sehingga kemanfaatannya bisa dirasakan oleh banyak
orang,” ujarnya.

Suratin, salah satu takmir masjid Nurul Iman menyampaikan terima kasihnya kepada BMH yang telah membangunkan bak penampungan air untuk masjid di wilayahnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X