Bulog Kedu jamin stok beras dan minyak cukup jelang Ramadhan

- Selasa, 21 Maret 2023 | 09:15 WIB
 Pantauan harga di pasar tradisional (Foto : Arif Zaini Arrosyid)
Pantauan harga di pasar tradisional (Foto : Arif Zaini Arrosyid)



HARIAN MERAPI - Pemerintah melalui Bulog memastikan ketersediaan bahan pokok seperti beras dan minyak goreng terpenuhi pada bulan Ramadhan dan beberapa bulan mendatang.


Masyarakat diharapkan Bulog tidak resah bahkan hingga punic buying yang justru akan menimbulkan kenaikkan harga dan kelangkaan barang.


Pimpinan Cabang Bulog Kedu Yudha Ajipribawa mengatakan Perum Bulog Subdivre Kedu menjamin stok bahan pokok seperti beras dan minyak goreng mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di eks Karesidenan Kedu.

Baca Juga: ASDP Tutup Sementara Penyeberangan Jawa-Bali-Lombok Saat Hari Raya Nyepi


"Jadi untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri di Kabupaten Temanggung ini tercukupi semuanya, baik ketersediaan beras dan minyak goreng," kata dia, Selasa (21/3).


Dia mengatakan untuk ketersediaan beras sudah dipersiapkan lebih dari seribu ton. Stok itu cukup untuk beberapa bulan kedepan. Sementara minyak goreng sudah digelontorkan. Untuk di Temanggung pada operasi pasar tercatat sebanyak 18.756 liter.


Ia menyebutkan harga beras kualitas premium di pasaran sebesar Rp12.500 per kilogram, sedangkan kualitas medium sebesar Rp11.000 per kilogram. Sedangkan harga minyak goreng, khususnya Minyakita di pasaran kini naik menjadi Rp16.000 per liter, atau naik dua ribu rupiah dari harga sebelumnya Rp14.000 per liter.

Baca Juga: Istri Pamer Tas Mewah di Medsos, Sekdaprov Riau: Itu KW, Belinya di Mangga Dua Jakarta


Dikatakan Yudha, untuk mengantisipasi lonjakan harga, Bulog Subdivre Kedu tetap memasifkan penjualan beras medium Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) serta mensuplai ke Rumah Pangan Kita (RPK).


"Jadi masyarakat tidak perlu panik buying, menjelang Ramadhan ini kebutuhan bahan pokok cukup, jika berbelanja seperlunya saja sesuai kebutuhan. Kami pastikan stok di masyarakat aman, karena stok di toko dan di pasar semuanya cukup," tegasnya.


Selain itu, Bulog Subdivre Kedu juga siap bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk melaksanakan pasar murah dan menjaga ketersediaan stok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri.

Baca Juga: Desa Bersinar Diharapkan Mampu Terlibat Aktif dalam Pemberantasan Peredaran Narkoba


"Kami mencoba terus melakukan itu secara berkelanjutan untuk memasok di pasar maupun toko-toko sembako yang sudah bekerjasama dengan Bulog," kata dia. *

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X