• Rabu, 5 Oktober 2022

Daging sapi bisa diolah jadi aneka jenis masakan, bantu cegah infeksi dan anemia

- Kamis, 14 Juli 2022 | 06:30 WIB
Daging sapi dapat diolah menjadi aneka jenis masakan yang bisa mendukung kesehatan badan.  (Foto: Sulistyanto)
Daging sapi dapat diolah menjadi aneka jenis masakan yang bisa mendukung kesehatan badan. (Foto: Sulistyanto)


Harianmerapi.com – Keberadaan ternak sapi bisa memberi banyak manfaat bagi manusia. Saat hari raya Idul Adha, banyak sapi dijadikan sebagai hewan kurban dan disembelih di berbagai tempat.

Baik bagian daging maupun jeroan ternak sapi bisa dijadikan aneka jenis olahan ataupun masakan. Selain mempunyai cita rasa khas dan enak dikonsumsi, asupan tersebut juga memiliki manfaat kesehatan.

Sejumlah sumber bahkan menyebutkan, daging sapi mempunyai kandungan gizi tersendiri, sehingga bisa berperan dalam memperkuat atau meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Petani gelar ritual untuk kemakmuran dan usir Virus Corona

Dengan terjaganya maupun meningkatnya sistem kekebalan tubuh, akan menjadikan tubuh tak gampang terserang gangguan kesehatan. Adapun pemanfaatan daging sapi cukup beragam, misalnya diolah menjadi rendang, sate sampai bahan campuran masakan sop dan soto.

Tak jarang olahan daging sapi biasa dikombinasi dengan bahan lain seperti sayur-mayur dan dimasak menggunakan aneka rempah-rempah alami yang menyehatkan.

Adapun kandungan nutrisi penting dalam daging sapi, antara lain ada protein, kalori, lemak, zat besi, kalsium, vitamin B12, B6, D dan magnesium.

Baca Juga: Hari Kedua, 74 Bidang Lahan Terdampak Kuari Bendungan Bener di Desa Wadas Berhasil Diukur BPN Purworejo

Dengan adanya kandungan protein antara lain akan dapat membantu mempercepat sembuhnya luka serta mencegah infeksi yang dipicu oleh suatu luka.

Tak kalah penting, dengan kandungan protein cukup tinggi bisa berperan meningkatkan massa otot tubuh. Sedangkan kandungan zat besi pada daging sapi, misalnya dapat berperan mencegah atau menghindarkan dari gangguan kesehatan kurang darah (anemia).

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X