• Senin, 27 Juni 2022

Kulon Progo Rintis Destinasi Paralayang, Wisatawan Bisa Terbang di Langit Kalibawang

- Minggu, 21 November 2021 | 09:10 WIB
Salah satu penerbang beraksi dalam festival paralayang di Kalibawang Kulon Progo. (Foto: Amin Kuntari )
Salah satu penerbang beraksi dalam festival paralayang di Kalibawang Kulon Progo. (Foto: Amin Kuntari )

KULON PROGO, harianmerapi.com - Untuk menarik kunjungan wisatawan dari berbagai daerah se-Indonesia, Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata setempat terus melakukan upaya pengembangan sektor wisata.

Salah satunya dengan merintis destinasi paralayang yang mengajak wisatawan terbang di langit Kalibawang. Destinasi paralayang dirintis Kulon Progo di Bukit Giri Sembung, Padukuhan Sumbersari, Kalurahan Banjarasri, Kapanewon Kalibawang.

Belum lama ini, Dinas Pariwisata Kulon Progo menjajal destinasi tersebut dengan menggelar Festival Paralayang Wisata di Lapangan Boro. Penyelenggaraan kegiatan ini didukung Pemda DIY melalui kucuran dana keistimewaan (danais).

Baca Juga: Wisata Sepeda di Jogja, Cek Rute dengan Jalur Destinasi dan Jarak Tempuh Paling Lengkap Berikut Ini

Festival Paralayang Wisata di Kalibawang diikuti para atlet profesional dari DIY dan Jawa Tengah. Para atlet bahkan bersedia tandem atau menjadi pendamping bagi masyarakat umum yang berminat melakukan penerbangan paralayang. Dalam kesempatan itu, salah satu artis yakni Steffy Cherrybelle juga turut hadir menjadi peserta festival paralayang.

"Sedikitnya ada 40 penerbang yang ikut terjun dari Bukit Giri Sembung dalam Festival Paralayang Wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito.

Dijelaskannya, paralayang di Kalibawang memilih titik start di Bukit Giri Sembung dengan ketinggian 490 meter dan finish di Lapangan Boro. Rute sejauh 1,9 kilometer tersebut menawarkan panorama keindahan Perbukitan Menoreh dan hamparan persawahan Kalibawang. Apabila cuaca cerah, Gunung Merapi dan Merbabu pun dapat dinikmati dari ketinggian langit Kalibawang.

Baca Juga: 4 Tujuan Wisata dengan Kuliner Sehat dan Legendaris di Jogja, Salah Satunya Jamuan Khusus Tamu Raja dari Eropa

"Melalui kegiatan ini, kami ingin memastikan bahwa Bukit Giri Sembung layak dijadikan tempat pengembangan paralayang di Kulon Progo," kata Joko.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X