• Senin, 17 Januari 2022

Dua Kalurahan di Kulon Progo Ditetapkan Sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

- Jumat, 19 November 2021 | 16:59 WIB
Peluncuran DRPPA di Kalibawang Kulon Progo.  (Foto: Amin Kuntari)
Peluncuran DRPPA di Kalibawang Kulon Progo. (Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Dua kalurahan di Kulon Progo yakni Banjarharjo Kalibawang dan Tanjungharjo Nanggulan ditunjuk sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) DIY oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI.

Diharapkan, dua kalurahan tersebut dapat mengintegrasikan perspektif gender dan ramah anak di setiap tata kelola pemerintahan serta melaksanakan pembangunan secara terencana dan berkelanjutan.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga menyampaikan, berdasarkan keputusan Menteri PPPA Nomor 70 tentang Penetapan Kabupaten/ Kota Wilayah Model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Kulon Progo bersama Sleman menjadi bagian dari 67 kabupaten yang ditetapkan sebagai DRPPA.

Baca Juga: Gubernur DIY Sri Sultan HB X Ingatkan Pengusaha Patuhi Aturan Kenaikan UMK 2022, Tidak Boleh Ditangguhkan Lagi

Ada sepuluh indikator yang digunakan untuk mewujudkan desa ramah perempuan dan peduli anak.

"Upaya perwujudannya tidak hanya menjadi tanggung jawab desa saja, melainkan diperlukan sinergitas dan kolaborasi bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dan relawan," kata Bintang dalam peluncuran DRPPA di Kalurahan Banjarharjo, Kalibawang, Jumat (19/11/2021).

Bintang berharap, Kementerian dapat bersinergi dan berkolaborasi bersama daerah untuk mencari solusi terbaik di setiap indikatornya agar tercipta model DRPPA yang ideal.

Baca Juga: Musim Nikah Tiba, Satpol PP Sukoharjo Ancam Bubaran Hajatan Langgar Prokes, Anggota Dikerahkan Patroli

Sehingga nantinya, model tersebut dapat direplikasi di seluruh wilayah DIY termasuk di Kulon Progo.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X