• Rabu, 19 Januari 2022

Menikmati Indahnya Sawah Sitalang Salatiga, Jangan Lupa Menyantap Klepon dan Ongol-ongol yang Melegenda

- Kamis, 18 November 2021 | 17:11 WIB
Mbah Sutanah dan Jajanan Kleon, Ongol-Ongol serta Ketan Lupisnya yang Dijual di Wisata Sitalang Salatiga.   (Foto: Edy Susanto)
Mbah Sutanah dan Jajanan Kleon, Ongol-Ongol serta Ketan Lupisnya yang Dijual di Wisata Sitalang Salatiga. (Foto: Edy Susanto)

SALATIGA,harianmerapi.com- Jika Anda berwisata di kawasan ares hijau persawahan Sitalang Salatiga, Jawa Tengah, akan menemukan jajanan tradisional klepon yang nikmat dan rasa ‘crut’. Jajanan ini bisa dinikmati sambil jalan kaki pagi menikmati udara segar wisata Sitalang yang hijau dan ramai dikunjungi setiap libur akhir pekan.

“Beli Rp 5.000 juga boleh kok. Rasanya gurih ditaburi parut kelapa. Klepon Mbah Sutanah ini,” tutur Sutanah (54) penjual jajanan tradisional di tempat wisata Sitalang Salatiga kepada harianmerapi.com.

Ia menceritakan, dirinya membuat jajanan tradisional tersebut mulai pukul 02.00 dan selesai menjelang Subuh. Selanjutnya dibawa ke lokasi jualan di pinggir sawah Sitalang, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Salatiga.

Baca Juga: Viral Bakso Kuburan Mantan di Kulon Progo, Menikmati Kuliner Murah Sambil Curhat Belum Bisa Move On

Selain klepon, ia juga menyajikan jajanan tradisional lainnya. Di antaranya Ongol-ongol dan ketan lupis. Jajanan setelah ditaburi parutan kelapa kemudian dikasih gula merah yang telah dilelehkan dulu.

“Kami berjualan sampai habis bersama para penjual lainnya,” ungkap Sutanah warga Kauman Kidul Salatiga ini.

Kawasan wisata Sitalang berada kurang lebih 4 kilometer arah utara dari pusat Kota Salatiga . Dari Bundaran Tamansari, kawasan ini mengarah ke Bringin, Kabupaten Semarang.

Baca Juga: 4 Tujuan Wisata dengan Kuliner Sehat dan Legendaris di Jogja, Salah Satunya Jamuan Khusus Tamu Raja dari Eropa

Setelah melintas bawah jalan tol Semarang-Solo tidak sampai satu kilometer, belok ke kanan dan menuju area persawahan Sitalang Salatiga. *

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X