• Kamis, 9 Desember 2021

Karet Kebo Lancarkan Sirkulasi Darah dan Haid

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:01 WIB
Daun tanaman karet kebo memiliki khasiat kesehatan.  (Sulistyanto)
Daun tanaman karet kebo memiliki khasiat kesehatan. (Sulistyanto)

 

harianmerapi.com – Tanaman karet kebo dapat dikelompokkan sebagai tanaman hias maupun obat. Jika digunakan sebagai obat alami, terutama memanfaatkan bagian daunnya.

Resep jika digunakan sebagai obat alami atau herbal tak rumit diterapkan. Selain dari hasil getok tular atau dari mulut ke mulut, bisa juga mengecek dari beberapa literatur.

Ketika ada yang cocok menerapkan resep pemanfaatan bahan alami, diharapkan lebih menghemat biaya. Selain itu bagian dari rasa syukur maupun pemanfaatan secara maksimal ciptaan Yang Maha Kuasa.

Baca Juga: Tabrak Lari di Pasar Kalangan Magelang, Mobil Fortuner Silver Terekam CCTV Hantam Pak Tani Hingga Patah Kaki

“Diciptakannya tanaman karet kebo oleh Sang Pencipta, pasti ada hikmah yang diambil. Antara lain bisa sebagai tanaman hias dan tanaman obat,” papar praktisi pembudidaya tanaman asal Seyegan Sleman, Danang Aji, baru-baru ini.

Salah satu khasiat daun karet kebo, sebut Danang, yaitu dapat membantu memperlancar sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar diharapkan dapat mendukung kesehatan secara umum. Termasuk pula menghindarkan dari beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan adanya penyumbatan aliran darah.

Adapun resep sederhana yang dapat diterapkan, misalnya cukup memanfaatkan tiga sampai lima lembar bagian daun karet kebo. Daun ini dicuci bersih menggunakan air mengalir. Selanjutnya direbus menggunakan air bersih sebanyak 500 cc. Perebusan sampai mendidih dan dibiarkan sekitar 10 menit. Air hasil dari perebusan disaring, hasilnya bisa diminum dua sampai tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Bolehkah Tidak Bayar Pinjol Legal? Begini Penjelasan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Risiko Kasus ISPA Meningkat Saat Musim Hujan

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:45 WIB

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Bunga Honje Ampuh Mengahalau Toksin dan Pembersih Darah

Minggu, 28 November 2021 | 09:05 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB
X