Ciri dan buah takwa, diantaranya tidak takut dan tidak bersedih hati

- Rabu, 7 Desember 2022 | 05:38 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok Pribadi)

HARIAN MERAPI - Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang selalu memelihara diri dari siksaan Allah SWT dengan cara mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya serta meyakini Rukun Iman yang enam juga melaksanakan Rukun Islam yang lima.

Firman Allah SWT : “(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka, dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (Kehidupan) akhirat”. (QS. Al-Baqarah, 2:3-4).

Untuk lebih memahami makna takwa secara utuh bisa dikaji pokok-pokok pemahaman di dalam QS. Al-Baqarah ayat 3 dan 4; yakni :

Baca Juga: Lima cara menghilangkan sifat kikir, di antaranya selalu berdoa agar dihindarkan dari penyakit kikir

Pertama, ghaib.

Percaya kepada yang ghaib karena ada dalil yang menunjukkan kita percaya kepada Allah dan Rasul-Nya, malaikat-Nya dan Hari Kiamat.

Kedua, shalat.

Shalat merupakan ibadah yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Ketiga, rizki.

Menafkahkan sebagian rizki memberikan sebagian harta yang telah diberikan Allah kepada yang berhak menerimanya berdasar syariat-Nya; seperti kepada orang fakir, miskin, kaum kerabat, anak yatim, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuan Allah SWT menciptakan alam semesta

Selasa, 7 Februari 2023 | 06:24 WIB

Sikap Muslim terhadap Al Qu’ran

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:17 WIB
X