MM Kine Klub UMY gelar Kineidoscope 2022, mulai dari pemutaran film hingga seminar perfilman

- Senin, 28 November 2022 | 09:15 WIB
Film berjudul Dusner dari MM Kine Klub UMY dan pernah juara festival film pendek pada 2022 termasuk yang diputar di event Kineidoscope.  (Foto: Dok BHP UMY)
Film berjudul Dusner dari MM Kine Klub UMY dan pernah juara festival film pendek pada 2022 termasuk yang diputar di event Kineidoscope. (Foto: Dok BHP UMY)

HARIAN MERAPI - Muhammadiyah Multimedia (MM) Kine Klub dikenal sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang banyak berkegiatan di bidang perfilman.

Tak sedikit film pendek yang diproduksi MM Kine Klub UMY terpilih menjadi juara dalam festival film pendek yang diselenggarakan berbagai pihak.

Adapun event tahunan yang digelar MM Kine Klub UMY, yakni bertajuk Kineidoscope. Pada tahun ini diselenggarakan selama empat hari, antara lain ada pemutaran film, diskusi, hingga seminar perfilman.

Baca Juga: Dusner karya MM Kine Klub UMY raih Juara 1 Festival Film Pendek Berbahasa Daerah 2022

Menurut Budi Dwi Arifianto MSn selaku steering committee dari Kineidoscope 2022, ada 69 judul film pendek dari 18 festival yang diputar dalam rangkaian acara Kineidoscope 2022.

“Kineidoscope dapat menjadi tolak ukur perfilman selama satu tahun terakhir, kemudian dapat digunakan oleh pegiat film untuk melihat tren apa yang sedang diminati penonton,” jelasnya, baru-baru ini.

Budi yang juga pembina dari MM Kine Klub UMY berharap, Kineidoscope bisa terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya dan semakin berkembang.

Baca Juga: Catat, beberapa film yang layak ditonton pada akhir tahun ini. Salah satunya Avatar, the water of water

Manfaatnya antara lain dapat menjadi tolak ukur perfilman selama satu tahun terakhir. Bahkan bisa pula menjadi ajang bertemunya para film maker serta menjadi penyambung apresiasi dunia perfilman di Indonesia.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X