• Minggu, 17 Oktober 2021

Film Nusa Brata Mengisahkan Kondisi Kulon Progo Pada Tahun 1930

- Senin, 20 September 2021 | 17:08 WIB
Peluncuran Film Nusa Brata di Auditorium TBK.  ((Amin Kuntari))
Peluncuran Film Nusa Brata di Auditorium TBK. ((Amin Kuntari))

DINAS Pariwisata Kulon Progo meluncurkan film dengan judul Nusa Brata. Film yang diluncurkan untuk mempromosikan pariwisata Kulon Progo ini dibintangi para pejabat daerah di antaranya Bupati Kulon Progo Sutedjo, Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana dan Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati.

Film Nusa Brata menggambarkan situasi dan kondisi Kulon Progo pada tahun 1930-an. Melalui film tersebut, Dinas Pariwisata berupaya menyinergikan dan mengolaborasikan seluruh komponen perangkat daerah demi mendukung pengembangan kepariwisataan di Kulon Progo sekaligus menggeliatkan industri ekonomi kreatif melalui produksi film.

"Film Nusa Brata menjadi dokumen pariwisata yang berguna untuk meningkatkan promosi wisata melalui media berbeda dengan sasaran generasi muda," kata Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, dalam peluncuran Film Nusa Brata di Auditorium Taman Budaya (TBK) Kulon Progo, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Pelanggaran Pengendara Picu Kecelakaan Lalu Lintas. Hingga Akhir Agustus Terjadi 393 Kasus

Melalui media film, lanjutnya, generasi muda diharapkan lebih mengenal dan mencintai budayanya sendiri. Sehingga nantinya, ketika mereka ingin berwisata ke daerah lain bisa mengutamakan berwisata di Kulon Progo terlebih dahulu.

"Jangan wisata keluar daerah dulu, karena Kulon Progo punya banyak potensi wisata yang bisa dinikmati putra putri daerahnya," imbuh Joko.

Film Nusa Brata disutradarai Agoes Kencrot, dengan penulis naskah Susilo Nugroho atau yang lebih dikenal sebagai nama Den Baguse Ngarso. Nusa Brata merupakan akronim dari Manunggal Sedya Mbraya Pariwisata, yang dalam Bahasa Indonesia berarti Bersatu Padu Memajukan Pariwisata. Pembuatan film ini dibiayai Dana Keistimewaan DIY tahun 2021.

Baca Juga: Indonesia Kembali Terima Kiriman 5 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tahap ke-70 dalam Bentuk Jadi

Selain Film Nusa Brata, dalam kesempatan tersebut juga diputar dua film pendek berjudul Dolan Mulia dan Menoleh Menoreh. Keduanya juga mengangkat potensi pariwisata Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo, H Sutedjo mengapresiasi peluncuran tiga film yang digagas Dinas Pariwisata tersebut. Ketiganya dinilai Sutedjo bisa mengangkat potensi-potensi wisata alam, budaya serta ekonomi kreatif yang ada di Kulon Progo.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X