• Minggu, 17 Oktober 2021

Pelanggaran Pengendara Picu Kecelakaan Lalu Lintas. Hingga Akhir Agustus Terjadi 393 Kasus

- Senin, 20 September 2021 | 16:57 WIB
Pelaksanaan Apel Operasi Patuh Progo 2021 di Halaman Mapolres Kulon Progo. ( (Amin Kuntari))
Pelaksanaan Apel Operasi Patuh Progo 2021 di Halaman Mapolres Kulon Progo. ( (Amin Kuntari))

WATES, harianmerapi.com - Angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kulon Progo hinga kini masih terbilang tinggi. Pelanggaran pengendara menjadi salah satu faktor penyebabnya, sehingga kedisiplinan untuk mematuhi aturan harus ditingkatkan.

Data dari Polres Kulon Progo menyebutkan, sejak awal Januari hingga akhir Agustus 2021 jumlah kecelakaan lalu lintas di Kulon Progo sebanyak 393 kasus. Kejadian tersebut menimbulkan 48 korban meninggal dunia, 3 luka berat, dan 627 luka ringan.

"Kecelakaan lalu lintas dipicu adanya pelanggaran yang dilakukan pengendara. Karenanya, masyarakat perlu diedukasi agar lebih disiplin demi mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas," kata Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini, SH. SIK. usai menutup Apel Operasi Patuh Progo 2021 di Halaman Mapolres Kulon Progo, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: 3 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, Siapa Saja Mereka

Fajarini menegaskan, penegakan peraturan dan upaya antisipasi kecelakaan akan menjadi fokus pelaksanaan Operasi Patuh Progo 2021. Giat ini akan digelar selama 20 hari, mulai 20 September hingga 3 Oktober 2021.

Nantinya, pelaksanaan Operasi Patuh Progo 2021 akan dilakukan dengan upaya preemtif dan preventif serta pendekatan humanis kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat bisa teredukasi tentang keamanan berkendara selama kegiatan tersebut digelar.

"Kami akan fokus melakukan upaya antisipasi kecelakaan dengan mengingatkan masyarakat agar tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas serta memahami tanda dari pengendara lain," ujarnya.

Baca Juga: Heboh Muncul Wajah Mirip Dono, Kasino dan Indro dengan Nama Grup Warkopi

Terkait jumlah personel, Polres Kulon Progo akan menerjunkan 140 petugas selama Operasi Patuh Progo 2021. Petugas siap menindak para pengguna jalan yang terbukti melanggar dengan tindakan tegas namun tetap humanis dan persuasif.

"Sasaran kami adalah pengguna jalan yang melakukan pelanggaran. Kami akan lakukan pendekatan persuasif terlebih dahulu," ujarnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masyarakat Jangan Merasa Sudah Aman dari Covid-19

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Nelayan Kulon Progo Dimotivasi untuk Terus Melaut

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:55 WIB
X