• Rabu, 20 Oktober 2021

Inovasi Si Peri Manis Kapanewon Mudahkan Masyarakat Mengakses Layanan Perizinan di Kulon Progo

- Jumat, 17 September 2021 | 20:21 WIB
Peluncuran inovasi Si Peri Manis Kapanewon (DOKUMEN DPMPT KULON PROGO)
Peluncuran inovasi Si Peri Manis Kapanewon (DOKUMEN DPMPT KULON PROGO)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo meluncurkan inovasi perizinan baru dengan nama Si Peri Manis Kapanewon. Inovasi ini akan memudahkan masyarakat mengakses Pelayanan Persetujuan Bangunan (PPG) di Kapanewon yang sebelumnya bernama Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana mengatakan, inovasi Si Peri Manis Kapanewon membuat sistem perizinan menjadi lebih dekat dengan masyarakat, akuntabel, normatif dan integratif.

Ke depan, implementasi dari integrasi layanan publik ini akan dikembangkan sampai ke 12 kapanewon.

Baca Juga: Kuliner Langka, Kopi Bedouin Biasa Dikonsumsi Bersama Kurma

"Diharapkan, integrasi ini dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan keterbatasan aksesibilitas masyarakat dengan mendekatkan, mempercepat dan mempermudah pelayanan," katanya, Jumat (17/9/2021).

Inovasi Si Peri Manis Kapanewon memberikan pelayanan yang sederhana, partisipatif, akuntabel, berkelanjutan, transparan dan berkeadilan bagi masyarakat. PBG di kapanewon dengan kriteria bangunan sederhana dapat dilayani perizinannya secara elektronik melalui aplikasi Si Cantik.

Fajar menjelaskan, masyarakat dapat mengakses layanan melalui aplikasi sicantikui.layanan.go.id. Permohonan perizinan bisa dilakukan dari rumah dan izinnya dapat dicetak sendiri dari rumah.

Baca Juga: Gudang Garam: Penyerapan Tembakau Rakyat di Temanggung Sudah Cepat

Masyarakat bahkan dapat mengawasi sendiri proses perizinannya melalui tracking system yang ada di aplikasi, serta melakukan aduan jika terjadi ketidaksesuaian terhadap standar pelayanannya.

Dalam kesempatan itu, Fajar juga meluncurkan layanan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) yang kini tersedia dalam layanan Sistem Izin Mendirikan Bangunan dan Gedung (SIMBG). Layanan tersebut merupakan upaya untuk memberikan kemudahan, transparansi dan peningkatan layanan publik agar menjadi lebih baik.

"Masyarakat dapat mengajukan PBG dan Sertifikat Lain Fungsi (SLF) secara online," ucapnya.

Baca Juga: Yang Diajak Nonton di Bioskop Ternyata Saudara Kembar Pacar yang Sudah Meninggal

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulon Progo, Agung Kurniawan menyampaikan, inovasi Si Peri Manis Kapanewon memungkinkan masyarakat untuk mengawasi sendiri proses perizinannya melalui tracking system yang ada di aplikasi.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masyarakat Jangan Merasa Sudah Aman dari Covid-19

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Nelayan Kulon Progo Dimotivasi untuk Terus Melaut

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:55 WIB
X