• Rabu, 20 Oktober 2021

Dorong Produktivitas Pertanian, Petani Kulon Progo Dapat Bantuan Alat dan Mesin Pertanian

- Minggu, 19 September 2021 | 15:13 WIB
Penyerahan bantuan alsintan bagi para petani Kulon Progo. ( Foto: Amin Kuntari)
Penyerahan bantuan alsintan bagi para petani Kulon Progo. ( Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com- Para petani di Kulon Progo mendapat bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian. Pemberian bantuan tersebut bertujuan untuk mendukung pertanian Kulon Progo yang maju, mandiri dan modern sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas pertanian di wilayah ini.


Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Muh Aris Nugraha, Minggu (19/9/2021) mengatakan, bantuan alsintan diberikan kepada sejumlah kelompok tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) di wilayahnya. Bantuan alsintan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal, sesuai dengan kapasitas kerja masing-masing peralatan.


"Sasaran pemberian bantuan adalah kelompok tani dan KWT yang sudah memasukkan e-proposal kepada kami pada tahun lalu. Mereka juga sudah melalui tahap verifikasi dan validasi sesuai ketentuan," jelas Aris.

Baca Juga: Temanggung Siap Jadi Sentra Cabai, Produsen Keempat Terbanyak di Jateng


Ia menguraikan, bantuan alsintan bagi para petani didanai APBN 2021 melalui Kementerian Pertanian, yakni Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian serta Direktorat Jenderal Hortikultura. Peralatan yang diberikan berupa traktor roda dua sebanyak lima unit senilai Rp 160 juta, alat mesin pertanian cultivator sebanyak enam unit senilai Rp 94 juta serta kendaraan roda tiga satu unit senilai Rp 27 juta.


"Totalnya lebih dari Rp 281 juta, diberikan kepada 12 kelompok tani," ucapnya.
Aris meyakini, bantuan traktor bisa menjadi solusi petani dalam mempercepat masa persiapan tanam. Selama ini, masa persiapan tanam masih menjadi kendala petani di Kulon Progo.


Bupati Kulon Progo, Sutedjo berharap, bantuan yang diberikan dapat digunakan sebaik-baiknya bagi peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian para petani. Mereka yang menerima bantuan diminta untuk memiliki rasa handarbeni terhadap alat-alat pertanian yang sudah diberikan, sehingga dapat termanfaatkan dan terawat dengan baik.

Baca Juga: Rocky Gerung Kirim Pesan ke Jokowi di Tengah Ancaman Rumahnya Digusur


"Kami harap para petani bisa memaksimalkan peran alsintan untuk mendukung pertanian yang maju, mandiri dan modern. Sebab, alsintan memiliki peranan penting dalam penyediaan pangan untuk mendukung ketahanan pangan dalam negeri sehingga mampu menggenjot produktivitas pertanian di tahun 2021," urainya.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masyarakat Jangan Merasa Sudah Aman dari Covid-19

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Nelayan Kulon Progo Dimotivasi untuk Terus Melaut

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:55 WIB
X