• Kamis, 23 September 2021

Minta Uang Rp 5 Juta, Pengangguran Ancam Sebar Foto Bugil Mahasiswi

- Selasa, 20 Juli 2021 | 20:06 WIB
C 16 MEI 2020
C 16 MEI 2020

SLEMAN (harianmerapi.com)- Seorang pemuda pengangguran, NP (20) warga Prambanan Sleman diringkus Polsek Ngaglik, Sleman. Pasalnya, dia mengancam menyebar foto bugil pacarnya, SF (20) seorang mahasiswi di Yogya, jika tak diberi uang. Korban sempat mentransfer uang Rp 800 ribu kepada pelaku sebelum dia diringkus.

Kapolsek Ngaglik Kompol Anjar SE AKp mlelalui Kanit Reskrim AKP Budi Karyanto SH kepada wartawan, Selasa (20/7) mengatakan, pelaku dan korban SF (20) ini menjalin hubungan layaknya orang pacaran sejak setahun lalu.
Dikatakan Budi, perkenalan keduanya diawali saat mereka saling menyapa melalui media sosial Facebook. Keduanya lantas menjalani pacaran secara online. Tanpa menaruh curiga, korban ini menuruti permintaan pelaku termasuk mengirim foto bugil.

"Selama pacaran, keduanya tidak pernah bertemu. Hanya pacaran melalui media sosial lalu komunikasi intens via WhatsApp dan sempat putus kemudian nyambung kembali," kata AKP Budi, Selasa (20/7).
Dijelaskan, saat pacaran, pelaku juga sempat meminta mengirim foto saat mahasiswi tersebut telanjang. Tanpa menaruh curiga, korban yang merupakan warga Jawa Tengah dan tinggal di Danurejan ini, menuruti permintaan pelaku.

Setelah lama tidak komunikasi karena putus, pelaku kembali menghubungi korban awal Juli lalu. Dia lantas meminta uang Rp 5 juta dengan ancaman akan menyebarkan foto bugil itu ke orangtua korban, teman-teman kampusnya dan media masa.
"Korban semakin ketakutan karena kerabatnya dan teman kampus sudah ada yang dihubungi oleh pelaku," katanya.
Karena panik, korban mentransfer uang sebesar Rp 800 ribu ke rekening pelaku. Namun karena masih diancam, korban akhirnya memilih mendatangi Polsek Ngaglik untuk melaporkan pria yang pernah dipacarinya secara daring tersebut.

Mendapat laporan tersebut, petugas lantas melakukan penyelidikan berbekal keterangan korban dan saksi-saksi. Hasilnya, petugas berhasil mendapatkan informasi dan petunjuk mengenai keberadaan pelaku.
"Kami kemudian mengamankan pelaku di Jalan Wahid Hasyim, Condongcatur Depok Sleman. Pelaku langsung kami bawa ke Mapolsek untuk dimintai keterangannya. Pengakuanya dia terhimpit maslah ekonomi," tandasnya.

Dari tangan pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa buku tabungan, handphone dan SIM card serta satu lembar bukti setoran. Atas perbuatannya saat ini pelaku harus mendekam di sel tahanan Polsek Ngaglik.
Pelaku dijerat dengan Pasal 27 ayat (4) dan Pasal 29 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Junto Pasal 368 KUHP.(Shn)

Editor: admin_merapi

Terkini

Korban Tenggelam di Palabuhanratu Masih Dicari Tim SAR

Rabu, 22 September 2021 | 06:04 WIB

Ditampar Suami 3 Kali, Istri Nekat Lapor Polisi

Selasa, 21 September 2021 | 22:21 WIB
X