Tak Ada Angin dan Hujan, Pohon Tua Tiba-tiba Ambruk di Ringroad Bantul, Lalulintas Macet Satu Jam

- Rabu, 26 Januari 2022 | 21:20 WIB
Petugas gabungan saat mengevakuasi pohon yang tumbang di Ringroad. (Foto: Humas Polres Bantul)
Petugas gabungan saat mengevakuasi pohon yang tumbang di Ringroad. (Foto: Humas Polres Bantul)

BANTUL,harianmerapi.com-pohon perindang jenis munggur berukuran cukup besar di Jalan Ahmad Yani (Ringroad) Singosaren Banguntapan Bantul tiba-tiba ambruk tanpa hujan dan angin, Rabu (26/1/2022). Tak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian ini. Diduga pohon tumbang karena sudah berusia tua.

Polsek Banguntapan dipimpin Kajaga Heri Siswantoro SH MH langsung melakukan evakuasi pohon tumbang dibantu petugas Pos Gondowulung, BPBD Bantul dan warga masyarakat sekitar.

Menurut keterangan, tumbangnya pohon tua itu pertama kali diketahui warga sekitar, yakni Ngateni Riyadi Utomo (64) warga Singosaren Banguntapan Bantul dan Dedi (30) warga Kasongan Kasihan Bantul.

Baca Juga: Nonton Orang Menebang Pohon, Kariyo Warga Jatiyoso Karanganyar Tewas Tertimpa Ranting Pohon

Awalnya kemari pagi sekitar pukul 04.00 kedua saksi melintas di sekitar Jalan A Yani Singosaren Banguntapan Bantul. Di saat itu tiba-tiba pohon munggur di tepi jalan tumbang.

Beruntung tak ada kendaraan atau pejalan kaki yang melintas di bawah pohon. Saksi kemudian memberitahukan kepada warga lain dan diteruskan ke polisi Polsek Banguntapan. Polisi segera bergerak mengevakuasi pohon tumbang itu dibantu oleh BPBD Bantul.

Menurut Heri Siswantoro, pohon tumbang saat kondisi cuaca tak hujan. "Pohon perindang Jalan Ahmad Yani (Ring Road) jenis pohon Munggur tumbang saat cuaca tidak ada angin dan hujan.Diperkirakan pohon sudah rapuh dan tak mampu menahan beban batang pohon yang berat," ujarnya seperti dikutip dari Humas Polres Bantul.

Baca Juga: Pohon beringin di Balong Gunungkidul tumbang diterjang angin, satu rumah warga hancur

Dijelaskan, kondisi pohon munggur miring kemungkinan saat dilakukan rabas perawatan jaringan PLN yang tidak seimbang, cenderung lebih banyak sisi selatan pohon yang ada (JTM) jaringan tegangan menengah.

"Tidak ada korban jiwa maupun harta benda, arus lalulintas macet kurang lebih 60 Menit. Kegiatan diikuti oleh kurang lebih 30 personel gabungan berakhir pukul 06:15 WIB," tandasnya.*

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X