• Jumat, 22 Oktober 2021

Tim SAR Lanjutkan Cari Pendaki Merapi yang Hilang, Kerahkan 60 Personal dan Berharap Cuaca Cerah

- Kamis, 23 September 2021 | 12:28 WIB
Tim SAR Gabungan dikerahkan mencari keberadaan Sumiyo. (Foto: dokumentasi Basarnas DIY)
Tim SAR Gabungan dikerahkan mencari keberadaan Sumiyo. (Foto: dokumentasi Basarnas DIY)

SLEMAN, harianmerapi.com- Petugas gabungan dari TNI-Polri dan Basarnas DIY terus melakukan upaya pencarian terhadap pendaki Gunung Merapi yang hilang di Bukit Kendil Cangkringan, Sleman, kamis (23/9/2021). Korban atas nama Sumiyo (35) Warga Kali Tengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan itu sudah dilaporkan hilang sejak Selasa (21/9/2021).

Kepala Kantor SAR Yogya Wahyu Efendi mengatakan pencarian hari ke-2 dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB.

Menurutnya, tim 1 melakukan penyisiran dari posko Klangon ke Kali Gendol dengan jarak 1,18 kilometer. Sedangkan tim ke 2 melaksanakan penyisiran dari Posko Klangon ke bukit Kendil dengan jarak kurang lebih 1,38 kilometer.

Baca Juga: Pendaki Merapi Dilaporkan Hilang, Tim SAR Sisir Bukit Kendil Cangkringan

Tim ke 3 dengan 10 personil Melakukan Penyisiran Dari posko Klangon ke Kali Woro, dengan jarak kurang lebih 1,46 kilometer. Sedangkan tim 4 dengan 15 personil melakukan penyisiran dari posko Klangon ke kali Woro dengan jarak 0,78 kilometer.

"Ada sekitar 60 personil gabungan dari berbagai unsur. Harapan kami cuaca di lokasi kejadian pada hari ini cerah sehingga pencarian dapat maksimal sehingga korban dapat ditemukan," katanya.

Diketahui sebelumnya, Sumiyo pamit pergi meninggalkan rumahnya, Selasa (21/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Gunung Merapi Luncurkan 18 Kali Guguran Lava Pijar Mengarah Barat Daya

Saat itu berpamitan akan naik ke Gunung Merapi. Keluarga dan warga sekitar merasa curiga, kemudian berinisiatif mengikuti korban.

Saat mengikuti, Sumiyo sempat terlihat di arah Bukit Kendil dan Bukit Kukusan sekitar pukul 11.00 WIB. Sekitar 13.00 WIB, hingga pukul 15.30 WIB, Sumiyo sempat merespon warga yang memanggilnya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X