UMY bina 7 perguruan tinggi, Kemdikbudristek lakukan monitoring dan evaluasi SPMI

- Kamis, 17 November 2022 | 11:30 WIB
Foto bersama usai pelaksanaan monitoring dan evaluasi SPMI yang dilakukan oleh Kemdikbudristek RI kepada UMY.  (Foto: Dok BHP UMY)
Foto bersama usai pelaksanaan monitoring dan evaluasi SPMI yang dilakukan oleh Kemdikbudristek RI kepada UMY. (Foto: Dok BHP UMY)


HARIAN MERAPI – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah dipercaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI untuk membina 7 perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Guna melihat kinerja UMY selama melaksanakan pembinaan tersebut, perwakilan Kemdikbudristek RI melakukan monitoring dan evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di UMY, baru-baru ini.

Segenap jajaran Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMY selaku koordinator pelaksanaan pembina 7 perguruan tinggi swasta pun bisa mengikuti rangkaian kegiatan.

Baca Juga: Muhammadiyah bertanggung jawab atas runtuhnya atap SD Muhammadiyah Bogor di Playen Gunungkidul

Rektor UMY, Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM dalam sambutannya antara lain menjelaskan, program pembinaan tersebut ditujukan agar perguruan tinggi swasta binaan bisa mencapai SPMI di program studi pada 2022 ini.

SPMI merupakan sebuah sistem yang baku. Artinya, berisi tentang kaidah-kaidah jaminan mutu secara internal yang akan menjamin kualitas proses pembelajaran di setiap kampus,” papar Prof Gunawan.

Hal tersebut, lanjutnya, sebuah proses yang melekat di setiap pemberian kebijakan di level universitas dan level program studi.

Baca Juga: Job fair Yogyakarta tawarkan 3.914 lowongan pekerjaan, digelar secara daring, simak daftar perusahaannya

Ditegaskan pula oleh Prof Gunawan, SPMI seharusnya menjadi nafas proses aktivitas kegiatan sehari-hari dari level program studi, laboratorium, fakultas dan universitas.

“Dalam rangka untuk menjamin sebuah proses yang selama ini berjalan tetap memenuhi kaidah-kaidah mutu yang kita janjikan kepada stakeholders,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMAN 1 sukses gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

Senin, 23 Januari 2023 | 08:30 WIB
X