• Rabu, 5 Oktober 2022

3 Program unggulan SMA Muhi Yogyakarta: riset, psikomotorik bahasa dan klinik matematika, ini tujuannya

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:45 WIB
Suasana pembelajaran di SMA Muhi Yogya yang memiliki 3 program unggulan. (Humas SMA Muhi Yogya)
Suasana pembelajaran di SMA Muhi Yogya yang memiliki 3 program unggulan. (Humas SMA Muhi Yogya)

HARIAN MERAPI - Intelek nan islami, ilmiah, dan terampil. Inilah kata-kata yang patut ditujukan untuk SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta.

Selain mencetak generasi islami, SMA Muhi Yogyakarta juga mencetak para peneliti muda dan mengembangkan keterampilan para siswanya.

Melalui program riset, psikomotorik bahasa, dan klinik matematika, pada tahun ajaran 2022/2023 ini SMA Muhi Yogyakarta memfasilitasi siswa dalam melaksanakan penelitian, pengembangan keterampilan berbahasa, dan penguatan ilmu di bidang matematika.

Program ini adalah sebagai bentuk pengembangan dari empat kompetensi yang harus dimiliki siswa di abad 21 yang disebut 4C, yaitu critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), creativity (kreativitas), communication skills (kemampuan berkomunikasi), dan ability to work collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama).

Baca Juga: PMI asal Palembang lolos dari penyekapan di Kamboja, ini ceritanya

Program riset adalah kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh siswa kelas XI yang terbagi dalam bidang IPA dan IPS. Bidang IPA meliputi fisika, kimia, dan biologi. Bidang IPS meliputi ekonomi, sejarah, geografi, dan sosiologi.

Siswa akan mendapatkan ilmu mengenai seluk beluk penelitian. Selanjutnya, siswa secara berkelompok akan melaksanakan penelitian di lapangan, dibimbing oleh guru pembimbing yang profesional di bidangnya.

Tujuan program ini adalah untuk membekali siswa, khususnya saat nanti di perguruan tinggi, dalam menyelesaikan tugas akhirnya.

Secara umum, bertujuan untuk menciptakan para peneliti-peneliti muda yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X