• Minggu, 2 Oktober 2022

PMI asal Palembang lolos dari penyekapan di Kamboja, ini ceritanya

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:15 WIB
Kepala Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Sumatera Selatan Sri Haryanti menemui keluarga Kurnia Sari, PMI asal Palembang yang disekap di Kamboja.  (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)
Kepala Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Sumatera Selatan Sri Haryanti menemui keluarga Kurnia Sari, PMI asal Palembang yang disekap di Kamboja. (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)


HARIAN MERAPI - Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) bernama Kurnia Sari (45), warga Kecamatan Alang-alang Lebar, Kota Palembang bersyukur bisa pulang ke Indonesia dengan selamat.


Kurnia Sari adalah salah satu korban penyekapan PMI di Kamboja.


Kepulangan Kurnia dibenarkan Kepala Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Selatan Sri Haryanti.

Baca Juga: Pemerintah wajib menguatkan daya beli masyarakat guna mempertahankan momentum positif ekonomi


"Dari 40 PMI yang kembali dalam keadaan selamat itu, di antaranya Kurnia Sari. Saat ini posisinya sudah berada di Jakarta, tinggal dilakukan penjemputan saja," kata Sri Haryanti di Palembang, Rabu.


Kurnia Sari merupakan salah satu dari ratusan PMI yang dilaporkan sempat menjadi korban penyekapan saat dipekerjakan secara tidak resmi di sebuah perusahaan investasi bodong atau scammer di Kamboja.

Para pekerja tersebut diselamatkan secara bertahap oleh aparat kepolisian Kamboja bekerja sama dengan KBRI di Phnom Penh dari penyekapan di sebuah perusahaan scammer yang berdomisili di Sihanoukville, Kamboja, Sabtu (30/7).

Baca Juga: Mengapa Irjen Ferdy Sambo bunuh Brigadir J, apa motifnya ?

Berdasarkan informasi BP3MI Sumatera Selatan, Sri menjelaskan ratusan PMI tersebut diiming-imingi gaji senilai 1.000-1.500 dolar AS, atau sekitar Rp15-Rp22,5 juta. Namun, pada kenyataannya, mereka hanya mendapatkan separuh dari upah gaji senilai 800 dolar AS per bulan.

Sri berharap untuk selanjutnya pemerintah daerah setempat turut serta memfasilitasi pemulangan warganya yang menjadi korban tersebut hingga bertemu kembali dengan orang tua dan anak di rumah.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Helikopter hilang kontak di Perak Malaysia

Minggu, 11 September 2022 | 21:00 WIB
X