• Minggu, 2 Oktober 2022

Mantan Menteri Pendidikan Prof. Bambang Sudibyo ungkap tips meraih akreditasi unggul

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 10:28 WIB
Prof. Bambang Sudibyo, Mantan Menteri Pendidikan Nasional 2004-2009, dalam Webinar SEVIMA pada Senin (01/08/2022)  (Humas SEVIMA)
Prof. Bambang Sudibyo, Mantan Menteri Pendidikan Nasional 2004-2009, dalam Webinar SEVIMA pada Senin (01/08/2022) (Humas SEVIMA)

HARIAN MERAPI - Berdasarkan data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, baru 27 kampus yang sudah mendapatkan peringkat Unggul untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dari total 4.500 kampus se-Indonesia.

Padahal semua mahasiswa pastinya ingin berkuliah di perguruan tinggi dengan akreditasi terbaik.

Akreditasi yang baik akan membantu ulusan kampus tersebut untuk mendapatkan pekerjaan, mengikuti seleksi CPNS, maupun meraih kesempatan beasiswa

Baca Juga: SMAN 1 Banguntapan Bantul bantah paksa siswi pakai jilbab, begini penjelasan Disdikpora DIY

“Bahwa setiap lembaga pendidikan tinggi pasti membutuhkan sebuah akreditasi. Namun, belum setiap lembaga pendidikan tinggi saat ini memiliki akreditasi yang unggul," ungkap Prof. Bambang Sudibyo, Mantan Menteri Pendidikan Nasional 2004-2009, dalam Webinar SEVIMA pada Senin (01/08/2022) sore.

"Untuk mendapatkan akreditasi yang unggul, kampus harus memiliki pondasi yang kuat untuk mewujudkannya,” lanjut Guru Besar Universitas Gadjah Mada tersebut.

Dalam Webinar yang dihadiri 200 Rektor dan lebih dari 10.000 civitas akademika, Prof. Bambang Sudibyo, Para Pimpinan Kampus, dan Komunitas SEVIMA, saling berbagi kiat untuk bersama-sama menyukseskan akreditasi di perguruan tinggi masing-masing.

Berikut tipsnya: 1) Komitmen Pimpinan dan Lembaga

Komitmen pimpinan sangat berperan penting untuk kampus meningkatkan akreditasi. Karena pimpinan kampuslah yang menentukan bagaimana kemajuan dan kompetensi kampus diciptakan.

Baca Juga: Faktor pemicu perilaku agresif anak-anak dan remaja: di antaranya lingkungan sekitar yang kurang kondusif

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X