• Selasa, 7 Desember 2021

Adopsi Kartu Tani, Dani Ramdani Harun Meraih Doktor di FEB UKSW Salatiga

- Rabu, 24 November 2021 | 18:45 WIB
Pejabat Provinsi Jawa Tengah saat ujian disertasi di UKSW Salatiga.  (Dokumentasi Humas UKSW Salatiga)
Pejabat Provinsi Jawa Tengah saat ujian disertasi di UKSW Salatiga. (Dokumentasi Humas UKSW Salatiga)

dok SALATIGA, harianmerapi.com - Pejabat Provinsi Jawa Tengah, yakni Kepala Bidang Penyuluhan, Pasca Panen dan Bina Usaha Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dani Ramdani Harun meraih Doktor Manajemen dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW Salatiga.

Acara Yudisium diselenggarakan secara luring terbatas di ruang Probowinoto, Rabu (24/11/2021).

Ia dinyatakan lulus dengan IPK 3.75 dan predikat sangat memuaskan. Dani mengusung disertasi Model Persepsi Petani Studi Empirik Adopsi dan Implementasi Program Kartu Tani di Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Geramnya Ibu di Bantul Ngotot Lapor Polisi Akibat Ulah Anak yang Keterlaluan, Sang Anak pun Ngaku Khilaf

Ia berhasil mempertanggungjawabkan disertasinya di depan tim terdiri Hari Sunarto.,SE.,MBA.,Ph.D., Prof. Christantius Dwiatmadja.,SE.,ME.,Ph.D., dan Prof. Dr. Gatot Sasongko.,SE.,ME.

Dani Harun mengulas kebijakan inovatif pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencapai keunggulan kompetitif dan komparatif sektor pertanian melalui implementasi teknologi informasi kartu tani.

Program kartu tani diperkenalkan kepada para petani di 35 kabupaten/kota di Jawa tengah pada 2015. Kartu tani bisa menjadi alat kendali tata kelola pupuk dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Baca Juga: Lelaki Kurang Ajar! Nginap di Kos Teman Wanita, Bawa Kabur Motor dan Handphone

Namun, adopsi petani terhadap kartu tani belum memenuhi target, meskipun akhir-akhir ini terjadi percepatan penerimaan dan pendayagunaan kartu tani sebagai bagian dari komponen usaha tani.

Hasil penelitian yang dilakukan pada 300 responden menyatakan bahwa peran pemerintah berpengaruh secara signifikan terhadap kartu tani.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inovasi Kopi Mahasiswa UMY Raih Juara KMI Expo 2021

Rabu, 24 November 2021 | 11:20 WIB
X