• Minggu, 3 Juli 2022

Hari Guru Nasional 2021, Sejarah Singkat Hari Lahir PGRI

- Rabu, 24 November 2021 | 10:45 WIB
Sejarah singkat Hari Guru Nasional yang sekaligus sebagai HUT PGRI.  (Foto: Buku Perkembangan Kurikulum SD Kemendikbud RI)
Sejarah singkat Hari Guru Nasional yang sekaligus sebagai HUT PGRI. (Foto: Buku Perkembangan Kurikulum SD Kemendikbud RI)

 

harianmerapi.com - Sejarah Hari Guru Nasional memang tidak lepas dari Hari Ulang Tahun PGRI yang diperingati 25 November 2021.

Hari Guru Nasional telah ditetapkan oleh pemerintah RI sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Dalam Keputusan Presiden itu ditetapkan bahwa hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati setiap tahun.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Sejarah PGRI yang Dibentuk 100 Hari Pasca Proklamasi

Dikutip dari laman PGRI Kota Jogja, Perjuangan pergerakan guru di Indonesia sebenarnya telah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda.

Dimana guru-guru pribumi membentuk organisasi pada tahun 1912 bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGHB menjadi organisasi yang menaungi guru pribumi dari berbagai kalangan, seperti guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah. Latar belakang mereka juga berbeda-beda serta bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Sejarah Organisasi Guru yang Dibungkam pada Masa Penjajahan Jepang

Namun setelah itu bermunculan berbagai organisasi guru yang lebih spesifik. Diantaranya Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), dan Hogere Kweekschool Bond (HKSB).

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X