• Selasa, 25 Januari 2022

Hari Guru Nasional 2021, Sejarah PGRI yang Dibentuk 100 Hari Pasca Proklamasi

- Rabu, 24 November 2021 | 09:45 WIB
Peringatan Hari Guru Nasional setiap 25 November adalah bentuk penghargaan Bangsa Indonesia atas peran guru sebagai bagian dari sejarah Bangsa.  (Foto: Buku Perkembangan Kurikulum SD Kemendikbud RI)
Peringatan Hari Guru Nasional setiap 25 November adalah bentuk penghargaan Bangsa Indonesia atas peran guru sebagai bagian dari sejarah Bangsa. (Foto: Buku Perkembangan Kurikulum SD Kemendikbud RI)

harianmerapi.com - Sejarah Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November tidak lepas dari keberadaan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). PGRI didirikan pada tanggal yang saat ini diperingati Hari Guru Nasional 2021.

Hari Guru Nasional 2021 ini sebenarnya adalah hari berdirinya PGRI, yang kemudian digunakan sebagai penghormatan sekaligus penghargaan terhadap perjuangan guru.

Berdirinya PGRI ini tepat seratus hari pasca proklamasi. Didirikan melalui Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 yang kemudian tanggal itu ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Sejarah Organisasi Guru yang Dibungkam pada Masa Penjajahan Jepang

Dikutip harianmerapi.com dari laman PGRI Kota Jogja, menyebutkan bahwa pergerakan guru di Indonesia telah dimulai dengan berdirinya sebuah organisasi guru zaman Belanda.

Pada saat itu semangat kebangsaan Indonesia telah tumbuh di kalangan guru. Dimana guru-guru pribumi membentuk organisasi pada tahun 1912 bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Selain itu juga tumbuh berbagai organisasi guru yang lain hingga masa penjajahan Jepang, seluruhnya dibungkam dan tidak diperbolehkan untuk beraktivitas.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Sejarah Awal Pergerakan Pendidik di Masa Belanda

Tidak hanya soal keberadaan organisasi guru, Jepang menghentikan aktivitas sekolah yang sebelumnya sudah berjalan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X