• Selasa, 25 Januari 2022

Hari Guru Nasional 2021, Sejarah Organisasi Guru yang Dibungkam pada Masa Penjajahan Jepang

- Rabu, 24 November 2021 | 09:16 WIB
Peringatan Hari Guru Nasional setiap 25 November diawali dari sejarah pergerakan guru yang sempat vakum di masa penjajahan Jepang.  (Foto: Buku Perkembangan Kurikulum SD Kemendikbud RI)
Peringatan Hari Guru Nasional setiap 25 November diawali dari sejarah pergerakan guru yang sempat vakum di masa penjajahan Jepang. (Foto: Buku Perkembangan Kurikulum SD Kemendikbud RI)

 

harianmerapi.com - Sejarah Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November menjadi ulasan bersamaan dengan Hari Guru Nasional 2021.

Hari Guru Nasional 2021 ini berawal dari pergerakan organisasi guru yang dibentuk sejak zaman Belanda. Hingga akhirnya organisasi baru bisa didirikan melalui Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945.

Meski setiap 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional, namun pergerakan organisasi guru ini sempat tidak berkutik pada masa penjajahan Jepang.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Sejarah Awal Pergerakan Pendidik di Masa Belanda

Dikutip harianmerapi.com dari laman PGRI Kota Jogja, menyebutkan bahwa pergerakan guru di Indonesia telah dimulai dengan berdirinya sebuah organisasi guru zaman Belanda.

Pada saat itu semangat kebangsaan Indonesia telah tumbuh di kalangan guru-guru. Di mana guru-guru pribumi membentuk organisasi pada tahun 1912 bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGHB menjadi organisasi yang menaungi guru pribumi dari berbagai kalangan, seperti guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah. Latar belakang mereka juga berbeda-beda serta bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.

Baca Juga: Puluhan Twibbon Hari Guru Nasional 2021 dengan Desain Terbaru dan Terpopuler

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X