• Selasa, 25 Januari 2022

Hari Guru Nasional 2021, Begini Sejarah Lengkap Pergerakan Mencerdaskan Bangsa

- Rabu, 24 November 2021 | 08:25 WIB
Sejarah lengkap Hari Guru Nasional merupakan pergerakan yang cukup panjang sejak penjajahan Belanda.  (Foto: Buku Perkembangan Kurikulum SD Kemendikbud RI)
Sejarah lengkap Hari Guru Nasional merupakan pergerakan yang cukup panjang sejak penjajahan Belanda. (Foto: Buku Perkembangan Kurikulum SD Kemendikbud RI)

harianmerapi.com - Hari Guru Nasional 2021 diperingati untuk kesekian kalinya. Peringatan setiap 25 November itu ternyata memiliki sejarah yang cukup menarik.

Hari Guru Nasional 2021 ini tidak lepas dari pergerakan guru sejak zaman Hindia Belanda. Dimana sejarah menyebutkan para guru tergabung dalam sebuah organisasi yang menjadi embrio Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Meski sempat terhenti pada zaman penjajahan Jepang, pergerakan guru-guru di Indonesia ini dapat bangkit lagi dan akhirnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional hingga tahun 2021 ini.

Baca Juga: Download Logo Hari Guru Nasional 2021 Kemenag, Terbaru Tahun 2021 Format PNG atau JPEG, Berikut Linknya

Dikutip dari laman PGRI Kota Jogja, berikut sejarah lengkap Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November.

1. Tercatat sejak 1912

Perjuangan pergerakan guru di Indonesia sebenarnya telah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda. Pada saat itu semangat kebangsaan Indonesia telah tumbuh di kalangan guru-guru. Dimana guru-guru pribumi membentuk organisasi pada tahun 1912 bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGHB menjadi organisasi yang menaungi guru pribumi dari berbagai kalangan, seperti guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah. Latar belakang mereka juga berbeda-beda serta bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.

Baca Juga: Bayern Muenchen Raih Tiket ke 16 Besar Liga Champions Setelah Kalahkan Tuan Rumah Kiev

2. Berkembang Banyak Organisasi Guru

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X