• Selasa, 26 Oktober 2021

Terdampak Pandemi dan PPKM, Anak Penjual Angkringan Gagal Lanjutkan Sekolah

- Selasa, 21 September 2021 | 05:00 WIB
          Rizky didampingi ibunya saat menerima bantuan dari Dompet Subsidi Silang Musago. (Foto: Sulistyanto)
Rizky didampingi ibunya saat menerima bantuan dari Dompet Subsidi Silang Musago. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Sebelum ada pandemi Covid-19, usaha angkringan yang dikelola pasangan suami-istri, Yuli Kakamto dan Rina Sutiasti bisa memperoleh keuntungan maksimal setiap harinya.

Namun sejak ada pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), usaha angkringan tersebut tak bisa memperoleh keuntungan maksimal.

Salah satu imbasnya, putra sulung pasangan suami-istri tersebut yakni Rizky M Fauzan, setelah lulus dari SMP Muhammadiyah 1 Godean (Musago) tak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Baca Juga: Masih Ada Wilayah di Gunungkidul yang Butuh Bantuan Air Bersih

Bahkan untuk mengambil ijazah SMP tersebut, belum bisa sebab masih punya tanggungan beberapa pembayaran di sekolah setempat Rp 2.400.000. Hanya saja pihak orangtua tidak bercerita terus terang, terkait sedang kesulitan ekonomi.

“Beberapa pihak menyampaikan ke saya, orang tua Rizky memang sedang kesulitan ekonomi terutama terdampak adanya pandemi Covid-19 dan PPKM. Bahkan saat ini masih mengontrak rumah di kawasan Sidoarum Sleman. Akhirnya, kami musyawarahkan untuk menutup kekurangan biaya tersebut dan agar bisa mengambil ijazah, kami memberikan bantuan dana Rp 2.400.000 dari Dompet Subsidi Silang di Musago,” papar Kepala Sekolah Musago, Nurwahid Sudarta SPd, akhir pekan lalu.

Selanjutnya ada informasi menyusul, setelah mendaftar di SMK Negeri tak bisa lolos, akhirnya memilih untuk tak melanjutkan sekolah dulu. Hal ini juga sangat disayangkan karena tidak cerita ke pihak sekolah sejak awal.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 23: Tak Semudah Membalikkan Tangan

Namun dalam waktu dekat, pihak sekolah bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Godean dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Sidoarum sedang berupaya agar Rizky bisa melanjutkan sekolah terutama di SMK Muhammadiyah dan agar memperoleh keringanan biaya.

“Kami sangat berharap, ke depannya Lazis-Mu misalnya tingkat PCM juga dapat menyalurkan dananya ke para pelajar seperti yang orangtuanya tak mampu atau sedang kesulitan ekonomi. Adapun Dompet Subsidi Silang di tempat kami, saldonya sedang banyak berkurang. Sumbernya antara lain dari para donatur serta wali/orangtua siswa yang mampu. Ada lagi infak dari kajian rutin orangtua/wali murid, tapi sejak ada pandemi belum ada lagi kajian rutin ini,” jelas Nurwahid.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musyawarah Tingkatkan Kualitas Prodi Teknik Mesin

Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:20 WIB
X