• Senin, 6 Desember 2021

Berpose Tenteng Senjata Api Mainan, Polisi Gadungan Sukses Tipu Mantan Pramugari

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 14:24 WIB
Tersangka polisi gadungan saat berose dengan senjata mainan (FOTO: Humas Polres Sleman)
Tersangka polisi gadungan saat berose dengan senjata mainan (FOTO: Humas Polres Sleman)

SLEMAN,harianmerapi.com-Seorang pemuda pengangguran, HB (32) warga Bantul, sukses menipu seorang mantan pramugari FR (29) warga Sleman. Untuk meyakinkan korban, dia sering berpose menenteng senjata api yang ternyata mainan. Pelaku sukses menguras harta korban, hingga mencapai Rp 240 juta.

Namun berkat kesigapan petugas Satreskrim Polres Sleman, tersangka berhasil dibekuk setelah mendapat laporan korban.

Saat ini tersangka sudah mendekam di sel tahanan Polres Sleman. Penangkapan dipimpin langsung oleh Kanit IV Tipidkor Satreskrim Polres Sleman Iptu Apfriyadi Pratama STrK MM dan Kanit II Ranmor Ipda Lili Mulyadi SH MH.

Baca Juga: Janda Muda Terkecoh Dokter Gadungan

"Tersangka sudah ditahan. Dari hasil pemeriksaan, untuk menipu korbannya, ia mengaku sebagai anggota polisi," ujar Kapolres Sleman AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyono SIK, Jumat (20/8/2021).

Dijelaskan, penangkapan dilakukan dilakukan setelah adanya laporan korban, yang kehilangan Rp 240 juta akibat ulah pelaku. Penipuan diawali saat HB chat korban melalui WhatsApp untuk berkenalan pada Desember 2020, sekira pukul 15.00.

Tersangka saat itu mengatakan jika ia adalah anggota Polri yang berdinas di Polsek Gondokusuman. Korban yang percaya dengan ucapan tersangka ini, kemudian melakukan komunikasi secara intens.

Baca Juga: Tertipu Dokter Gadungan, Janda Muda Ini Tekor Rp 46 Juta

Bahkan untuk menyakinkanya, tersangka memasang foto saat dirinya mengenakan kaos bertuliskan polisi. Di beberapa foto, tersangka juga memegang sesuatu mirip senjata api, namun belakang diketahui hanya senjata mainan.

"Tersangka mendapatkan atribut polri, dengan cara membeli di toko perlengkapan TNI-Polri," kata AKBP Wachyu.
Keduanya pun beberapa kali bertemu hingga akhirnya pada awal Maret 2021, BH mulai berani meminjam uang kepada korban dengan dalih kerjasama bisnis. Tersangka mengaku uang yang dipinjam tersebut untuk mengembangkan usaha rental mobil miliknya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Terkini

X