• Selasa, 19 Oktober 2021

Cara Unik Warga Pedesaan di Magelang Memperingati HUT ke-76 RI , Bawa Kambing dan Sapi

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 12:25 WIB
Sejumlah warga Dusun Sudimoro, Desa Baleagung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah melakukan sikap hormat saat rangkaian upacara HUT Ke-76 RI yang dikemas ala perdesaan setempat, Selasa (17/8/2021).  (ANTARA/Hari Atmoko)
Sejumlah warga Dusun Sudimoro, Desa Baleagung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah melakukan sikap hormat saat rangkaian upacara HUT Ke-76 RI yang dikemas ala perdesaan setempat, Selasa (17/8/2021). (ANTARA/Hari Atmoko)

MAGELANG, harianmerapi.com - Warga Sudimoro, Desa Baleagung, Kabupaten Magelang, Jateng ikut memeriahkan HUT ke-76 RI dengan cara mereka sendiri. Mereka mengemas upacara HUT Ke-76 RI di permukiman dusunnya secara khidmat dalam nuansa perdesaan.


Selain untuk bersyukur atas kemerdekaan Indonesia juga merefleksikan semangat membebaskan kehidupan dari pandemi COVID-19, Selasa (17/8/2021)

.
Mereka selain menempatkan beberapa tiang bambu dengan bendera Merah Putih yang berkibar, juga menghiasi tempat lapang di tengah kampung itu dengan berbagai tanda kehidupan sehari-hari warga, antara lain beberapa ekor kambing dan sapi, hasil bumi, alat pertanian, wayang pakem, wayang serangga yang dipasang masker, aneka produk kerajinan dan makanan tradisional.

 

Baca Juga: Sistem Kesehatan Nasional Mampu Putus Mata Rantai Covid-19, Simak Penjelasan KSP

Penyelenggaraan upacara HUT Ke-76 RI yang digarap dan dipimpin Kepala Dusun Sudimoro Sih Agung Prasetyo dan sejumlah personel perlindungan masyarakat (linmas) setempat itu, juga didukung sejumlah mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di dusun tersebut.

Puluhan anak dusun setempat dengan mengenakan seragam SD, SMP, dan SMA, serta sejumlah anak-anak usia PAUD mengikuti upacara yang, antara lain ditandai dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI, teks Pancasila, dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Warga lainnya berdiri dengan berjarak di antara simbol-simbol penghidupan sehari-hari, antara lain sebagai petani, peternak, perajin, dan pembuat makanan tradisional di dusun setempat. Jumlah warga setempat 74 keluarga atau sekitar 210 jiwa. Sih Agung Prasetyo yang juga dalang wayang di Komunitas Lima Gunung itu, akhir Juli lalu dilantik sebagai Kepala Dusun Sudimoro, Desa Baleagung, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Batan Ajak Masyarakat Rayakan HUT ke-76 RI dengan Tunjukkan Hasil Riset dan Inovasi Unggulan

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Terkini

X