• Selasa, 7 Desember 2021

Seniman Banyumas Pentas Karawitan Sambut HUT RI

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 07:24 WIB
Pergelaran karawitan dalam rangka menyambut HUT Ke-76 RI di rumah almarhum Dalang Nawan, Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Senin (16/8/2021) malam. (ANTARA/Sumarwoto)
Pergelaran karawitan dalam rangka menyambut HUT Ke-76 RI di rumah almarhum Dalang Nawan, Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Senin (16/8/2021) malam. (ANTARA/Sumarwoto)

BANYUMAS, harianmerapi.com - Pergelaran seni karawitan ditampilkan sejumlah seniman dari berbagai wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bersama Yayasan Dhalang Nawan, dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia, Senin (16/8/2021) malam.

Kegiatan ini digelar secara terbatas di rumah almarhum Dalang Nawan, Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, diisi dengan pentas karawitan anak-anak dan dilanjutkan karawitan dewasa.

Beberapa tembang yang dimainkan dalam pentas karawitan tersebut di antaranya "Lancaran 45" yang ditujukan untuk menggugah semangat mengisi kemerdekaan, serta tembang "Gugur Gunung" yang menggambarkan semangat gotong royong bangsa Indonesia.

Acara tersebut juga diisi dengan bincang-bincang "Hikmah Kemerdekaan" yang disampaikan pelukis kondang asal Banyumas, Hadi Wijaya (71).

Baca Juga: Bersyukur Nikmat Kemerdekaan di Masa Pandemi

Dalam kesempatan itu, Hadi Wijaya memaparkan tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan serta mengajak masyarakat, khususnya seniman agar tetap optimistis dalam mengisi kemerdekaan. Dia juga menjelaskan makna lukisannnya tentang tokoh-tokoh Punakawan dengan latar belakang Bendera Merah Putih.

Selain pergelaran seni dan bincang-bincang "Hikmah Kemerdekaan", yang juga diikuti perwakilan komunitas santri itu diisi doa untuk memohon keselamatan bangsa dan negara Indonesia serta diakhiri dengan pemukulan terhadap sebuah gong yang bernilai sakral tepat pada pukul 00.00 WIB.

Saat ditemui di sela acara, Ketua Yayasan Dhalang Nawan Bambang Barata Aji mengatakan kegiatan tersebut sebenarnya merupakan penggabungan dua agenda rutin yang setiap tahunnya digelar Yayasan Dhalang Nawan, yakni tradisi Suran untuk memeringati Tahun Baru Hijriah dan peringatan HUT RI.

"Dua agenda acara tersebut kali ini kami gabung, tentu dengan suasana sederhana dan terbatas karena memang ketentuan negara seperti itu. Kami tetap melaksanakan ini, terutama justru ingin membangun optimisme sesuai dengan tema yang kami usung 'Semangat, Optimistis, dan Terus Berkarya'," katanya.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Hingga 23 Agustus, Pemerintah Tergetkan Kasus Covid-19 Turun Signifikan

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Kecanduan Film Porno, Pelajar SMA Cabuli Balita

Jumat, 20 Agustus 2021 | 23:21 WIB

Seniman Banyumas Pentas Karawitan Sambut HUT RI

Selasa, 17 Agustus 2021 | 07:24 WIB
X