• Selasa, 31 Januari 2023

PMK masih ditemukan pada ternak api di Sukoharjo, meski kasus penularan terus menurun

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:25 WIB
Vaksinasi PMK pada hewan ternak sapi di Sukoharjo.  (Wahyu Imam Ibadi)
Vaksinasi PMK pada hewan ternak sapi di Sukoharjo. (Wahyu Imam Ibadi)

HARIAN MERAPI - Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo mencatat angka kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Sukoharjo selama tahun 2022 sekitar 1.500-1.600 ekor hewan ternak meliputi sapi, kerbau dan kambing.

Penyebaran kasus menurun seiring gencarnya vaksinasi PMK pada hewan ternak. Namun demikian, memasuki awal tahun 2023 masih ditemukan sembilan kasus PMK pada hewan ternak sapi.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Arif Rahmanto, Selasa (24/1/2023) mengatakan, puncak penyebaran kasus PMK terjadi sekitar awal hingga pertengahan tahun 2022 lalu.

Baca Juga: Prosesi pemakaman Dubes RI untuk Italia, Muhammad Prakosa dihadiri banyak pejabat, ini kata mereka!

Selanjutnya dilakukan vaksinasi PMK dan berhasil menurunkan kasus. Penurunan terus terjadi seiring ketatnya pengawasan dan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan ternak oleh petugas.

Faktor pendukung lainnya karena tingginya kesadaran masyarakat khususnya pemilik hewan ternak dan pedagang dalam menjaga kesehatan hewan ternak dan kebersihan kandang.

Termasuk juga melapor kepada petugas apabila menemukan gejala PMK pada hewan ternak yang dimiliki.

Penurunan kasus PMK hingga akhir tahun 2022 membuat Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo lega. Sebab upaya yang dilakukan telah berhasil. Namun demikian, memasuki awal tahun 2023 masih ditemukan kasus PMK pada sembilan hewan ternak sapi.

Baca Juga: Siswi kelas 3 SMP ditemukan tewas, alami luka tusuk di sekujur tubuh

"Secara umum kasus PMK sudah menurun drastis. Selama Tahun 2022 lalu tercatat ada sekitar 1.500-1.600 ekor hewan ternak terkena PMK. Sedangkan awal tahun 2023 ini sampai pertengahan Januari kami temukan ada sembilan hewan ternak sapi terkena PMK," ujarnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

722 Atlet Ikuti Sukoharjo Karate Open Championship

Minggu, 29 Januari 2023 | 13:05 WIB

Peringatan Hari Gizi, momen bangkit tangani stunting

Kamis, 26 Januari 2023 | 20:25 WIB
X