Tingkir Tengah Salatiga raih Regsosek Award 2022 Cantik tingkat kota

- Selasa, 6 Desember 2022 | 19:55 WIB
Pj Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi serahkan hadiah kepada Lurah yang mendapat juara Regsosek 2022 tingkat Kota Salatiga, Jawa Tengah.  (Dok. Prokompim Salatiga)
Pj Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi serahkan hadiah kepada Lurah yang mendapat juara Regsosek 2022 tingkat Kota Salatiga, Jawa Tengah. (Dok. Prokompim Salatiga)

HARIAN MERAPI - Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir, Salatiga meraih Regsosek Award 2022 tingkat Salatiga menjadi Kelurahan Cantik Statistik (Cantik).

Petugas BPS melakukan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022 di 23 Kelurahan di Kota Salatiga. Petugas mencatat, koordinasi, melihat partisipasi warga, dan dukungan dari pemangku kepentingan di kelurahan masing-masing.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Salatiga, Satriono mengatakan masing-masing petugas bisa mendata 4 sampai 5 RT dengan bervariasi muatan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Masyarakat pantau 100 hari kinerja Penjabat Bupati Pati, ini kesimpulannya....

Keluarga yang sudah verifikasi jumlahnya 65.813 keluarga. Dari hasil koordinasi dengan ketua RT, yang dikatakan tidak miskin ada sekitar 67,93 persen (44.704 keluarga), yang dikatakan miskin 28,73 persen (18.906 keluarga), yang sangat miskin 2.203 keluarga atau 3,34 persen.

“Namun untuk data objektif dari BPS (survei sosial ekonomi nasional) kemiskinan ekstrim di Kota Salatiga itu 700 KK (2.000 orang),” kata Satriono, Selasa (6/12/2022).

Juara pertama diraih Kelurahan Tingkir Tengah, kemudian disusul Kelurahan Randuacir, Kelurahan Tegalrejo, kemudian di urutan keempat Kelurahan Bugel dan yang kelima Kelurahan Sidorejo Kidul.

Lurah Tingkir Tengah Salatiga, Ria Maharani mengatakan penghargaan tersebut merupakan hasil dan bentuk partisipasi dari masyarakat yang cukup tinggi atas pendataan Regsosek 2022.

Baca Juga: Airlangga Hartarto : Politik uang tidak baik untuk demokrasi

Terkait dengan dipilihnya Kelurahan Cantik (Cinta Statistik), Ria mengatakan bahwa pembangunan wilayah kerja di Kelurahan Tingkir Tengah dibutuhkan perencanaan yang maksimal.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X