Komnas HAM ancam ambil langkah lain jika RKUHP yang langgar prinsip HAM tetap disahkan

- Selasa, 6 Desember 2022 | 11:15 WIB
Ketua Komnas HAM, Atnike Sigiro, saat diwawancarai awak media massa di Jakarta, Jumat, (11/11/2022).  (ANTARA/Muhammad Zulfikar)
Ketua Komnas HAM, Atnike Sigiro, saat diwawancarai awak media massa di Jakarta, Jumat, (11/11/2022). (ANTARA/Muhammad Zulfikar)



HARIAN MERAPI - RKUHP segera disahkan dengan tetap mencantumkan ancaman hukuman mati yang selama ini ditentang Komnas HAM.


Terkait masih dicantumkannya hukuman mati dalam RKUHP, Komnas HAM sedang mempertimbangkan langkah lain.


Ketua Komnas HAM, Atnike Sigiro, saat dihubungi di Jakarta, Selasa, mengatakan, Komnas HAM mempertimbangkan langkah atau upaya lain jika Rancangan KUHP melanggar prinsip HAM dan tetap disahkan pemerintah bersama DPR.

Baca Juga: Sebelum film Nagih Janji Cinta tayang di bioskop, sebagian aktor dan aktrisnya menyapa warga Jogja

"Apabila pasal tentang pelanggaran HAM berat hasilnya sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip yang terkandung dalam UU Nomor 26/2000, maka kita akan melakukan langkah-langkah lebih lanjut," kata Ketua Komnas HAM, Atnike Sigiro.


Komnas HAM, kata dia, juga mengkhawatirkan naskah Rancangan KUHP yang akan disahkan pemerintah dan DPR itu juga berpotensi menggerus tugas, fungsi dan mandat lembaga HAM itu.

Di satu sisi, aktivis perempuan itu berharap pemerintah dan DPR masih membuka peluang atau mempertimbangkan masukan-masukan yang disampaikan publik demi perbaikan sistem hukum di Tanah Air.

Baca Juga: Guru spiritual tewas tenggelam di Sungai Khayangan Tirtomoyo Wonogiri, ini kronologinya

 

Apalagi, sejak Indonesia merdeka hingga saat ini belum ada Rancangan KUHP hasil dari buah pemikiran anak bangsa. Oleh karena itu, lahirnya naskah Rancangan KUHP diharapkan menjunjung tinggi HAM.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X