Mengenal anjing pelacak narkotika, ternyata ini jenis yang sering dipakai

- Senin, 28 November 2022 | 16:55 WIB
Simulasi pelacakan narkotika berjenis sabu-sabu oleh anjing pelacak di SMPN 5 Yogyakarta, Senin (28/11/2022).  (Erna Sari)
Simulasi pelacakan narkotika berjenis sabu-sabu oleh anjing pelacak di SMPN 5 Yogyakarta, Senin (28/11/2022). (Erna Sari)

HARIAN MERAPI - Hal menarik di SMPN 5 Yogyakarta pada Senin (28/11/2022) yaitu adanya simulasi pelacakan narkotika berjenis sabu-sabu oleh anjing pelacak. Kok bisa sih?

Salah satu pawang anjing pelacak Beacukai Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rio mengatakan bahwa kegiatan ini berawal dari Kementerian Keuangan yang memiliki kegiatan khusus.

Kebetulan, dari Bea Cukai sendiri memiliki unit khusus anjing pelacak narkotika.

Baca Juga: Gelar simulasi pelacakan narkoba, anjing pelacak dikerahan sisir kompleks sekolah SMPN 5 Jogja

"Jadi kami diminta untuk memperkenalkan juga, sosialisasi secara langsyng ke sekolah-sekolah. Awalnya kegiatan seperti ini rutin, setiap tahun pasti ada, seperti tadi sosialiasi pelacakan yang ada di bandara," ujarnya saat diwawancarai, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, pihaknya melacak penumpang dan barang-barang yang ada di bandara. Nantinya anjing tersebut akan menunjukkan respon bahwa penumpang itu perlu diwaspadai dan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam.

"Kami lebih banyak memakai anjing jenis labrador, untuk latihan dasar 3 bulan, latihan teknis tidak ada waktu khusus," ucapnya.

Adapun anjing pelacak, si Willy ini sudah melacak lima hingga enam kali. Adapun narkotika terbanyak yang pernah Willy dapatnya sebanyak 5,5 kg narkotika di barang kiriman.

Baca Juga: Bawa kabur motor pembantu, mantan debt collector ditangkap polisi di Sleman

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X