Gelar simulasi pelacakan narkoba, anjing pelacak dikerahan sisir kompleks sekolah SMPN 5 Jogja

- Senin, 28 November 2022 | 15:30 WIB
Petugas menunjukkan narkotika berjenis sabu-sabu yang berhasil dilacak oleh anjing pelacak dalam simulasi pelacakan narkotika berjenis sabu-sabu di SMPN 5 Yogyakarta (Foto: Erna Sari)
Petugas menunjukkan narkotika berjenis sabu-sabu yang berhasil dilacak oleh anjing pelacak dalam simulasi pelacakan narkotika berjenis sabu-sabu di SMPN 5 Yogyakarta (Foto: Erna Sari)

HARIAN MERAPI-Kementerian Mengajar ke-7 (KM7) ini merupakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Oeang ke-76. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri, terdapat sembilan sekolah yang mendapatkan kesempatan pembelajaran tersebut, salah satunya SMPN 5 Yogyakarta, gimana sih keseruannya?

Mengawali kegiatan, dilakukan apel pagi dan pengenalan para relawan bersama siswa/siswi. Kemudian dilanjutkan masuk ke kelas masing-masing untuk pembelajaran nantinya penutupan dilakukan di aula SMPN 5 Yogyakarta, Senin (28/11/2022).

Hal menarik saat penutupan, yaitu diadakannya simulasi pelacakan narkotika berjenis sabu-sabu.

Kegiatan tersebut digelar di halaman sekolah SMPN 5 Yogyakarta dengan diikuti tujuh siswa/siswi yang berperan layaknya orang yang akan bepergian di bandara. Mereka lengkap dibekali dengan tiga koper.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer 29 November 2022, diguyur kebahagiaan gara-gara malam yang indah saat kencan pertama

Mulanya, anjing pelacak yang diketahui bernama Willy ini mulai beraksi. Willy bersama salah satu pawang anjing pelacak saat diajak berputar ke tujuh penumpang, karena tidak ada deteksi narkotika maka semua penumpang tersebut aman.

Kemudian salah satu pawang anjing lainnya, memberikan salah satu tas selempang berwarna merah berisikan narkotika berjenis sabu-sabu kepada salah satu siswa yang berkenan untuk membawanya. Si Willy kembali diajak mendekati para penumpang, dan saat ia mendeteksi adanya sabu-sabu, ia mendekati siswa yang membawa ransel merah tersebut.

Petugas akhirnya membuka isi ransel, dan benar ditemukan narkotika berjenis sabu-sabu di tas merah tersebut. Para siswa/siswi yang menonton pun bertepuk tangan. 

Baca Juga: Horoskop peruntungan Shio Ayam Selasa 29 November 2022, hati-hati bicara karena bisa disalahartikan

Kegiatan terakhir tersebut diikuti oleh sesi tanya jawab. Beberapa siswa mengajukan pertanyaan, dimana si Willy pernah berhasil mendapatkan sekitar 5 kg sabu-sabu.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMAN 1 sukses gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

Senin, 23 Januari 2023 | 08:30 WIB
X