• Sabtu, 26 November 2022

Ratusan jamaah umrah gagal berangkat, Kemenag panggil PT Naila Syafaah Wisata Mandiri

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:40 WIB
Tim dari Kementerian Agama saat menemui calon jamaah umrah yang gagal berangkat.  (ANTARA/HO-Kemenag)
Tim dari Kementerian Agama saat menemui calon jamaah umrah yang gagal berangkat. (ANTARA/HO-Kemenag)

 

HARIAN MERAPI - Ratusan calon jamaah umrah yang mendaftar di PT Naila Syafaah Wisata Mandiri terlantar di Jakarta karena belum ada kepastian berangkat ke Tanah Suci.

Terkait dengan itu, Kemenag melakukan pendampingan terhadap jamaah yang gagal berangkat, dengan tetap meminta kepada Dirut PPIU PT Naila Syafaah Wisata Mandiri untuk memberangkatkan jamaah yang gagal berangkat dan sudah terdaftar.

Kemenag juga telah menerbitkan surat peringatan kepada PT Naila Syafaah Wisata Mandiri atas kasus kegagalan berangkat ratusan jamaah ini yakni tidak boleh menerima pendaftaran jamaah baru.

Baca Juga: Ketua Panpel Arema FC dihukum seumur hidup tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepak bola

"Kami minta PPIU PT Naila Syafaah Wisata Mandiri untuk sementara tidak menerima pendaftaran jamaah baru. Kami minta mereka fokus memberangkatkan jamaah atau mengembalikan uang jamaah," kata Kasubdit Pengawasan dan Pemantauan Umrah Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Noer Aliya Fitra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Menurutnya, Subdit Pengawasan dan Pemantauan Umrah dalam satu minggu terakhir terus mendampingi jamaah di hotel tempat mereka diinapkan sementara. Upaya negosiasi keberangkatan dengan Dirut PPIU Naila Syafaah terus dilakukan, namun belum membuahkan hasil.

"Kami juga berkoordinasi dengan Polres Bandara Soetta untuk mendampingi jamaah dan melaporkan kegagalan jamaah kepada pihak kepolisian karena unsur tindak pidana gagal memberangkatkan jamaah sesuai amanah UU Nomor 8 Tahun 2019," kata dia.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Jawa Timur minta maaf

Sebelumnya, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan melaporkan sebanyak 175 peserta umrah asal Kalsel terlantar di Jakarta karena belum ada kepastian berangkat ke Tanah Suci Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Ki Joko Bodo saat hijrah

Selasa, 22 November 2022 | 18:55 WIB
X