• Sabtu, 26 November 2022

Ketua Panpel Arema FC dihukum seumur hidup tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepak bola

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:43 WIB
Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin Tobing saat memberikan keterangan kepada media di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022).  (ANTARA/Vicki Febrianto)
Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin Tobing saat memberikan keterangan kepada media di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022). (ANTARA/Vicki Febrianto)

HARIAN MERAPI - Ketua Panpel Arema FC Abdul Haris mendapatkan hukuman dilarang untuk beraktivitas di lingkungan sepak bola seumur hidup.

Menurut Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin Tobing, sebagai ketua panitia pelaksana pertandingan, sudah seharusnya Abdul Haris bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pertandingan besar itu.

"Kepada saudara ketua panitia pelaksana Abdul Haris, sebagai ketua pelaksana pertandingan tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepak bola seumur hidup," kata Erwin di Malang, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Jawa Timur minta maaf

Erwin menjelaskan, sesungguhnya, seorang panitia pelaksana pertandingan terlebih dalam laga besar antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya tersebut, harus jeli, cermat dan bisa mengantisipasi seluruh kemungkinan yang terjadi.

Menurutnya, dengan adanya tragedi di Stadion Kanjuruhan tersebut, ketua panitia pelaksana dinilai tidak melakukan tugasnya dengan baik, tidak cermat dan gagal mengantisipasi kerumunan orang yang masuk ke lapangan.

"Padahal ada steward. Ada hal-hal yang harus disiapkan, pintu-pintu seharusnya terbuka," ujarnya.

Selain memberikan sanksi seumur hidup tidak lagi bisa beraktivitas di lingkungan sepak bola, Komdis PSSI juga menjatuhkan sanksi serupa kepada Security Officer Arema FC, Suko Sutrisno. Suko merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengatur keluar masuknya penonton, termasuk membuka dan menutup pintu stadion.

Baca Juga: KIB tidak akan buru-buru deklarasi bacapres, karena sudah punya tiket

"Kemudian ada security officer. Orang yang mengatur keluar masuk penonton, pintu. Dia bertanggung jawab terhadap beberapa poin yang harus dilaksanakan tapi tidak terlaksana dengan baik. Ia tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepak bola seumur hidup," katanya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manchester United resmi tendang Cristiano Ronaldo

Rabu, 23 November 2022 | 06:00 WIB

Misi terakhir Messi genggam trofi Piala Dunia

Selasa, 22 November 2022 | 08:00 WIB
X