• Rabu, 30 November 2022

Ormas dan LSM berperan penting sebagai pilar demokrasi menghadapi Pemilu 2024

- Selasa, 27 September 2022 | 14:55 WIB
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa (tengah) pada seminar Peran Ormas dan LSM dalam Mengawal Pemilu yang Berkualitas. (Dok. Prokopim Setda Sleman)
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa (tengah) pada seminar Peran Ormas dan LSM dalam Mengawal Pemilu yang Berkualitas. (Dok. Prokopim Setda Sleman)

HARIAN MERAPI - Menghadapi Pemilu Serentak 2024, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman mengadakan seminar bagi forum Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Mengambil tema “Peran Ormas dan LSM dalam Mengawal Pemilu yang Berkualitas di Kabupaten Sleman", seminar dilaksanakan di Rumah Makan Pringsewu, Mlati, Sleman, Selasa (27/9/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah pengurus Ormas dan LSM ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.

Baca Juga: Gembong PKI Madiun, Muso Munawar, konon mayatnya dibakar di Alun-alun Ponorogo

Achmad Raharjo, dari Badan Kesbangpol Sleman, menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan sinergitas antara Ormas/LSM dengan Pemerintah Kabupaten Sleman serta stakeholder lainnya dalam mewujudkan pemilu berkualitas dan berintegritas.

Ormas dan LSM yang masuk kategori Non-Governmental Organization (NGO), memegang peranan penting sebagai pilar demokrasi.

Keterlibatan Ormas dan LSM dinilai penting dalam membangun demokrasi di Indonesia terutama dalam rangka mengawasi kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Baca Juga: Halangi penyidikan kasus Sambo, mantan Kasubnit Reskrim Polrestro Jaksel kena sanksi demosi tiga tahun

"Hal ini dapat dimaknai sebagai kesadaran politik warga negara untuk turut bertanggung jawab menciptakan sistem dan produk politik yang bersih dan sehat," jelasnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X