• Rabu, 30 November 2022

Wakil Bupati Sleman apresiasi partisipasi gereja rawat sungai

- Minggu, 25 September 2022 | 17:30 WIB
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa (dua dari kiri) pada acara Novena Ketujuh dan Sinodal Kevikepan Yogyakarta Barat di Gereja Katolik Santa Maria Assumpta, Pakem.  (Foto: Dok. Prokopim Setda Sleman)
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa (dua dari kiri) pada acara Novena Ketujuh dan Sinodal Kevikepan Yogyakarta Barat di Gereja Katolik Santa Maria Assumpta, Pakem. (Foto: Dok. Prokopim Setda Sleman)

HARIAN MERAPI - Kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap kelestarian alam sangat dibutuhkan demi menjaga indeks kualitas air. Terlebih Kabupaten Sleman merupakan hulu dari semua sungai yang mengalir di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa pada acara Novena Ketujuh dan Sinodal Kevikepan Yogyakarta Barat di Gereja Katolik Santa Maria Assumpta, Pakem, Minggu (25/9/2022).

Adapun tema yang diangkat pada kegiatan kali ini adalah Kewenangan Negara dan Partisipasi Gereja dalam Merawat Sungai.

Baca Juga: Polres Sleman bagikan helm gratis untuk pengendara bermotor

"Saya merasa senang sekaligus mengapresiasi pihak Gereja Katolik Santa Maria Assumpta. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pihak gereja terhadap kelestarian alam, khususnya di wilayah lereng Merapi sebagai hulu sungai di DIY," kata Danang.

Disampaikan Danang, Pemerintah Kabupaten Sleman juga telah berupaya guna mengatasi permasalahan kualitas air permukaan dan air tanah di Kabupaten Sleman. Di antaranya melalui program Kali Bersih yang dilakukan setiap tahun di 17 kapanewon yang meliputi gerakan kebersihan sungai maupun penyisiran sungai.

Program lain yaitu pembinaan dan pemberian bantuan septictank, pembuatan IPAL komunal atau Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat serta merti kali dan festival kali.

Baca Juga: Kandang Maggot Jogja kelola sampah organik dari dapur 500 kilogram tiap hari

"Pemkab Sleman juga menggerakkan Komunitas Sungai dan pembangunan Sumur Peresapan Air Hujan (SPAH)," jelasnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X