1.000 warga Sindet Trimulyo Jetis Bantul gelar kirab budaya meriahkan HUT ke-77 RI

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 22:00 WIB
Kirab budaya meriahkan HUT ke-77 RI di Dusun Sindet Trimulyo Jetis Bantul. (FOTO: SAMENTO SIHONO )
Kirab budaya meriahkan HUT ke-77 RI di Dusun Sindet Trimulyo Jetis Bantul. (FOTO: SAMENTO SIHONO )

 

HARIANMERAPI.COM - Kirab budaya memeriahkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI digelar warga Pedukuhan Sindet Trimulyo Jetis Bantul, Minggu (21/8/2022).

Masyarakat dari enam RT yang ada turut berpartisipasi dalam kirab budaya memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI. Masing-masing RT kompak menampilkan identitas budayanya masing-masing.

Mereka antara lain tampil dengan busana petani yang lucu, dengan simbok yang diperankan oleh laki-laki, termasuk bapak-bapak dengan penampilan pakaian SMA. Masing-masing RT juga membuat gunungan makanan.

Baca Juga: Pengambilan api Merapi tandai pelaksanaan Porda DIY XVI dan Peparda III Tahun 2022

Selain itu, kelompok lain juga menampilkan potensinya di bidang kebudayaan, seperti karawitan dan lainnya. Kurang lebih 1.000 warga Sindet, berpartisipasi dalam acara yang baru digelar pertama kalinya ini.

"Ini sebagai upaya melestarikan dan mengenalkan budaya kepada generasi muda," ucap Dukuh Sindet Muji Widodo AMd, di sela-sela acara.

Menurut Muji, penggunaan adat Jawa juga untuk meningkatkan rasa cinta dan nasionalisme. Dia mengaku sangat terkesan dan mengapresiasi penyelenggaraan kirab budaya dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Karnaval RW 04 Basen Kotagede Tampilkan Gunungan, Simbol Kemandirian Pangan

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puspaga dukung Bantul menuju kabupaten layak anak

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:55 WIB
X