• Selasa, 27 September 2022

Tampil beda, beginilah cara beberapa komunitas sepeda onthel di Jogja lakukan Upacara 17 Agustus

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:30 WIB
Upacara 17 Agustus yang digelar gabungan beberapa komunitas di Jogja bisa tampil beda.  (Foto: Sulistyanto)
Upacara 17 Agustus yang digelar gabungan beberapa komunitas di Jogja bisa tampil beda. (Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.com – Upacara 17 Agustus untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) digelar di berbagai tempat di Indonesia.

Salah satu Upacara 17 Agustus tampil beda serta berkesan, yakni yang berlangsung di kawasan Gunungketur Pakualaman Jogja, Rabu (17/8/2022).

Beberapa komunitas, terutama didominasi komunitas sepeda onthel di Jogja saling bersinergi. Komunitas selain sepeda onthel, misalnya Perempuan Berkebaya serta Komunitas Jogjakarta 45.

Baca Juga: Inilah profil Farel Prayoga, yang menggoyang Istana Merdeka dengan lagu 'Ojo Dibandingke'

Kian berkesan lagi, setiap dilantunkan lagu-lagu seperti Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan sejumlah lagu perjuangan diiringi kelompok mini orkestra, Gita Cinta Pelajar Jogja.

“Setiap kami menggelar upacara 17 Agustus, baru tahun ini bisa menggandeng kelompok orkestra. Meski tampil tidak full atau mini orkestra, tapi memberi banyak kesan,” ungkap panitia kegiatan, Muntowil.

Muntowil yang akrab disapa Towil sekaligus ketua Pagoejoeban Onthel Djogjakarta (Podjok) menjelaskan, peserta upacara 17 Agustus tersebut menggunakan kostum khas, seperti bernuansa jadul, perjuangan, kebaya maupun surjan.

Khususnya komunitas sepeda onthel yang ikut upacara 17 Agustus tersebut, antara lain ada Podjok, Kosti DIY, Kodja, Basoka, Pendowo, Pocil, Kokeraya, Kontakgede dan Pory.

Baca Juga: Pengalaman misteri Irma saat menempati rumah baru, terdengar suara orang sedang membuat sambel, ternyata ....

“Kegiatan seperti ini merupakan bagian dari semangat kami di era pandemi untuk gumregah, bangkit dan optimis dengan cara berkolaborasi atau bersinergi dengan komunitas-komunitas di Jogja,” beber Towil.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Organda DIY naikkan tarif angkutan umum 18-22 persen

Selasa, 6 September 2022 | 07:00 WIB
X