• Selasa, 27 September 2022

Resmi terdaftar di Kemenkumham RI, Peradi Pergerakan sah sebagai organisasi advokat

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:30 WIB
Sekjen DPP Peradi Pergerakan, M Syafei SH MSi  (Foto: Yusron Mustaqim)
Sekjen DPP Peradi Pergerakan, M Syafei SH MSi (Foto: Yusron Mustaqim)

JOGJA, harianmerapi.com - Peradi Pergerakan sejak 10 Agustus 2022 telah metamorfose menjadi salah satu organisasi advokat yang sah dan terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI menjadi Persaudaraan Profesi Advokat Nusantara dengan sebutan Peradi Pergerakan.

Susunan pengurus DPP Peradi Pergerakan dengan Ketua Umum Sugeng Teguh Santoso SH, Sekretaris Jendral M Syafei SH MSi, Bendahara Umum Nurmala SH SKom MH dan Penasihat Kamal Firdaus SH.

"Perubahan nama yang semula Persaudaraan Penasihat Hukum Indonesia menjadi Persaudaraan Profesi Advokat Nusantara lebih mempertegas posisi organisasi sesuai UU Advokat No 18 Tahun 2003 tentang advokat sehingga para anggota sejajar dengan penegak hukum lain dan bukan sekedar penasihat hukum yang konotasinya bekerja diluar litigasi proses peradilan," ujar M Syafei SH MSi dalam keterangan pers kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Ferdy Sambo marah dan emosi, setelah mendapat laporan dari istrinya

Terbitnya SK Menteri tersebut disambut baik oleh para pengurus dan anggota yang selama ini menjadi ukuran sah tidaknya organisasi advokat.

Selain pengurus dapat menjalankan organisasi sesuai tugas dan fungsinya, SK Menteri ini juga bentuk legitimasi pemerintah sebagai konsekuensi organisasi advokat harus taat dan patuh pada semua ketentuan administrasi pemerintah.

"Harapan ke depan dengan nama Persaudaraan dan akhiran kata Nusantara, organisasi advokat ini menjadi perekat kuat profesi advokat yang modern, berilmu, beretika dan beradab, patuh pada UU dan peraturan pemerintah," tegas Syafei.

Baca Juga: Bisakah Bima Sakti membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2022?

Seperti diketahui, organisasi advokat Peradi Pergerakan yg didirikan oleh beberapa advokat senior seperti Sugeng Teguh Santoso SH yang dikenal sebagai Ketua Indonesia Police Watch (IPW).

Selain itu juga ada nama Hermawi Taslim SH, Banuara Sianipar SH, Philipus Tarigan SH, M Syafei SH MSi dan Kamal Firdaus SH.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Organda DIY naikkan tarif angkutan umum 18-22 persen

Selasa, 6 September 2022 | 07:00 WIB
X