• Kamis, 8 Desember 2022

Cegah penularan, Dinkes Kabupaten Gunungkidul imbau warga untuk waspadai cacar monyet

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:45 WIB
Logo Kabupaten Gunungkidul (Pemkab Gunungkidul)
Logo Kabupaten Gunungkidul (Pemkab Gunungkidul)

HARIAN MERAPI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul mengingatkan kepada warga agar mewaspadai penyakit cacar monyet (monkeypox) sebagaimana terjadi di Jawa Tengah.

Saat ini suspek penyakit yang bersumber dari virus tersebut sudah menyebar luas dan ditetapkan sebagai darurat global oleh World Health Organisation (WHO).

Kepala Dinkes Gunungkidul dr Dewi Irawaty MKes mengatakan imbauan kewaspadaan tersebut untuk menindaklanjuti adanya surat edaran dari Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Bertemu Jokowi dan Erick Thohir di CFD Solo, Ganjar: 'Reuni aja, lihat-lihat. Beliau hanya mau olahraga'

"Gunungkidul merupakan wilayah aglomerasi dengan Jawa Tengah, karena itu kewaspadaan perlu dilakukan," katanya Minggu (7/8/2022).

Kewaspadaan masyarakat memang perlu ditingkatkan. Pasalnya penyakit yang bersumber dari virus ini sudah menyebar luas dan sudah ditetapkan sebagai darurat global oleh World Health Organisation (WHO).

Meskipun demikian, pihaknya berharap masyarakat Gunungkidul tidak resah, namun harus tetap perlu waspada terhadap potensi penularannya.

Baca Juga: Mensos Risma minta pelaku penyekapan dan perbudakan seks dijerat hukum yang berat

Sebagaimana dikerahui bahwa cacar monyet bersumber dari virus, karena itu pihaknya mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X