• Rabu, 5 Oktober 2022

Tepis tuduhan negatif, gerakan Dapur Umum nyatakan transparan kelola dana donatur

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:18 WIB
Kuasa hukum dari gerakan Dapur Umum saat melakukan klarifikasi atas tuduhan oleh sejumlah pihak atas pengelolaan donasi  (Dok. kuasa hukum)
Kuasa hukum dari gerakan Dapur Umum saat melakukan klarifikasi atas tuduhan oleh sejumlah pihak atas pengelolaan donasi (Dok. kuasa hukum)

JOGJA, harianmerapi.com - Pengelola gerakan Dapur Umum yang membantu buruh gendong perempuan di 4 pasar tradisional di Kota Yogyakarta menyatakan telah transparan dalam mengelola donasi dari para donatur.

Sejak awal M Berkah Gamulya sebagai inisiator dan koordinator Dapur Umum sadar bahwa gerakan Dapur Umum memikul amanah orang banyak, baik para donatur termasuk buruh gendong perempuan sebagai penerima manfaat.

Sehingga pihaknya berusaha untuk mengelola donasi dengan transparan.

Baca Juga: Pengalaman misteri Gatot saat menunggu tukang bakso keliling di malam hari, hanya tampak nyala api berjalan

“Itu alasan mengapa setiap hari saya senantiasa mengirimkan laporan kegiatan Dapur Umum termasuk laporan mingguan dan bulanan/akhir tahap berisi jumlah porsi, saldo keuangan kepada publik melalui media sosial," ujar M Berkah Gamulya didampingi tim penasihat hukum dalam keterangan yang disampaikan kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Terkait tuduhan pengelolaan dana donasi yang tidak transparan, menurut Berkah dan tim penasehat hukum, hal itu sudah merupakan tuduhan serius namun tanpa bukti.

Pasal Berkah bersama tim internal Dapur Umum/Dapur Keliling telah selesai menyusun LPJ secara bersama-sama pada bulan Juni 2022.

Bila tujuan utama evaluasi dari sejumlah pihak untuk kebaikan, murni ingin menegakkan transparansi dan akuntabilitas, Berkah sangat mendukung hal tersebut dan bersedia bekerja sama.

Namun harus dilakukan dengan cara yang baik, santun, dengan semangat kerja sama tim dan tidak dipenuhi dengan asumsi atau dugaan-dugaan negatif.

Baca Juga: Soal Capres dan Cawapres, DPD Partai Golkar Provinsi se-Indonesia menyerahkan kepada Ketum Airlangga Hartarto

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X